Kesehatan Waspadai 6 Gejala Usus Buntu Ini Sebelum Terlambat

  • Fakta.News - 10 Jan 2019 | 14:40 WIB
Waspadai 6 Gejala Usus Buntu Ini Sebelum Terlambat
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Penyakit usus buntu bisa menyerang siapa saja mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Operasi adalah satu-satunya cara untuk mengatasi usus buntu yang meradang. Seperti apa tanda-tanda terkena radang usus buntu?

Usus buntu adalah usus yang menggantung alias buntu tidak tersambung dengan bagian lain. Meski begitu usus buntu ini punya fungsi sebagai rumah bakteri baik yang mana jika bakteri baik dalam tubuh terjaga maka kekebalan tubuh juga akan terjaga.

Gejala utamanya adalah sakit di bagian perut. Lokasi nyeri yang muncul mungkin akan bervariasi, hal ini tergantung pada usia dan posisi usus buntu. Pada anak kecil atau perempuan hamil, sakit yang muncul mungkin berada di tempat berbeda.

Kadang ketika perut sakit orang jarang yang berpikir itu usus buntu tapi menduganya maag. Tapi sebenarnya gejala radang usus buntu sangat khas.

Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah enam tanda paling umum yang dialami oleh seseorang dengan penyakit usus buntu.

1. Sakit perut akut

Gejala umum dari penyakit usus buntu adalah munculnya rasa sakit di bagian perut. Walaupun gejala ini juga bisa berarti hal lain, tetapi jika sakit perut sudah bertambah parah, terutama di perut bagian bawah, waspadai kemungkinan penyakit usus buntu.

Dengan indikasi tersebut, segera lah memeriksakan diri ke dokter untuk dipastikan apakah penyakit usus buntu yang menyebabkan rasa sakit itu atau bukan.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar