Kesehatan Inilah Posisi Tidur yang Baik dan Buruk bagi Kesehatan

  • Fakta.News - 15 Apr 2018 | 11:42 WIB
Inilah Posisi Tidur yang Baik dan Buruk bagi Kesehatan
Ilustrasi.(Foto: gaptekupdate.info)

Jakarta – Tidur sangat penting bagi kesehatan manusia. Namun, ternyata tidur cukup saja belum menjamin Anda akan terbangun dengan segar.

Selain cukup, tidur juga harus dilakukan dengan teratur dan disesuaikan dengan jam tubuh Anda atau ritme sirkadian. Jika tidur tidak teratur, Anda pasti terbangun dengan kepala berat dan sulit fokus seharian. Selain itu, ternyata masih ada satu komponen penting lainnya dalam urusan tidur ini.

Dikutip dari Business Insider Australia, menurut pakar tidur, posisi Anda terbaring sepanjang malam juga bisa mempengaruhi kualitas istirahat loh.

Menurut pakar tidur yang juga profesor di Albert Einstein College of Medicine, Shelby Harris, posisi tidur terbaik adalah telentang. Dan hanya 8 persen orang melakukan tidur dengan posisi ini.

Tidur telentang ternyata bisa mengurangi pegal-pegal dan sakit di tubuh. Selain itu telentang juga tidak menyebabkan heartburn karena kepala terangkat di atas dada Anda. Heartburn adalah sensasi panas di dada akibat naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Sayangnya, telentang memang meningkatkan risiko mengorok atau mendengkur. Jika Anda punya masalah dengan sleep apnea, posisi tidur ini mungkin tidak cocok untuk Anda. Meski begitu, Anda bisa melatih untuk mengurangi dengkuran.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar