Abdul Ghofar Rozin Gus Rozin, Staf Khusus Presiden Jokowi Urusan ‘Pesantren’

  • Fakta.News - 11 Jun 2018 | 15:30 WIB
Gus Rozin, Staf Khusus Presiden Jokowi Urusan ‘Pesantren’
Staf Khusus Presiden Abdul Ghofar Rozin(Foto: istimewa)

Jakarta – Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo telah mengangkat empat staf khusus baru, sehingga jika ditotal saat ini Presiden Jokowi memiliki 11 orang staf khusus presiden. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan era Susilo Bambang Yudhoyono yang memiliki 13 orang staf khusus.

Dari keempat staf khusus presiden yang baru diangkat tersebut, adalah Abdul Ghofar Rozin. Pria yang akrab disapa Gus Rozin merupakan putra dari ulama kharismatik asal Pati almarhum KH Mohammmad Ahmad Sahal Mahfudz yang akan mendampingi Jokowi di berbagai acara keagamaan di pesantren. Gus Rozin melanjutkan jejak ayahnya mengelola pesantren Ma’had Aly Fi Ushul Al-fiqh. Dia mengembangkan pembelajaran keislaman yang lebih banyak menggunakan pola pendekatan kultural, serta memprioritaskan wawasan kebangsaan dan Nusantara.

Baca Juga:

Gus Rozin diangkat menjadi staf khusus presiden di bidang keagamaan domestik. Terkait pengangkatan dirinya, Gus Rozin mengungkapkan bahwa dia dan Presiden Jokowi sebelumnya memang sudah sering bertemu dan berkomunikasi dalam berbagai acara. Sebab Rozin merupakan pria yang aktif di Asosiasi Pesantren Nahdhatul Ulama (NU) di Jawa Tengah.

Intensitas komunikasi inilah yang memungkinkan Gus Rozin bertatap muka dengan Jokowi ketika sang presiden mendatangi pesantren-pesantren di provinsi tersebut. Intensitas komunikasi Gus Rozin dengan Jokowi semakin meningkat kala dia berada di Asosiasi Pesantren Pusat “Saya juga pernah sekali memoderatori beliau. Jadi komunikasi dengan beliau bukanlah hal baru,” tuturnya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar