Plt. Sekretaris BNPP-Widodo Sigit Pudjianto Tahun Depan Pemerintah Bangun 10 PLBN Lagi di Wilayah Perbatasan

  • Fakta.News - 2 Okt 2018 | 09:04 WIB
Tahun Depan Pemerintah Bangun 10 PLBN Lagi di Wilayah Perbatasan
Plt. Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Widodo Sigit Pudjianto (Foto: Istimewa)

Di era Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), pembangunan wilayah perbatasan menjadi salah satu fokus yang diperhatikan. Wajar jika kini ekonomi perbatasan mulai membaik. Sebab, fokus pemerintahan sekarang ini memang membangun kawasan pinggiran sebagaimana tertuang dalam agenda Nawacita Jokowi-JK demi meningkatkan perekonomian masyarakat.

Baca juga:

Hal ini pun bisa dilihat dari pembangunan sejumlah infrastruktur di kawasan perbatasan yang hingga saat ini masih terus digalakan, termasuk membangun tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Ketujuh PLBN ini pun telah diresmikan oleh Joko Widodo. Bahkan, pemerintah pun akan membangun 10 PLBN lagi di tahun 2019.

“Baru di era Pak Jokowi saja, kami sudah bangun tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Tahun depan, kami akan tambah lagi 10 PLBN lagi,” kata Plt. Sekretaris BNPP, Widodo Sigit Pudjianto kepada Fakta.news di Jakarta, Selasa pekan lalu.

Menurut Sigit, wajah wilayah perbatasan saat ini sangat jauh berbeda dengan lima tahun sebelumnya. Pasalnya, dengan hadirnya pembangunan infrastruktur yang masif di wilayah perbatasan tersebut, pertumbuhan ekonomi masyarawatnya pun mulai terlihat.

Meski demikian, Sigit tak memungkiri, bahwa saat ini masih terdapat sejumlah pekerjaan rumah yang harus di selesaikan, salah satunya menyangkut dengan urusan diplomasi garis batas wilayah. Setidaknya, ada sembilan batas wilayah yang masih di upayakan untuk diselesaikan yang diebutnya adalah daerah Outstanding Boundary Problems (OBP). “Salah satunya dengan Malaysia, terkait masalah keamanan,” kata Sigit.

Kepada Ade Nyong dari Fakta.news, Selasa pekan lalu, di ruang kerjanya, Lantai 7 Gedung B, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jalan Medan Merdeka Utara, No 7, Jakarta Pusat, Dokrot jebolan Institut Pendidikan Dalam Negeri (IPDN) ini berkenan menjelaskan wajah perbatasan Indonesia saat ini serta upaya pemerintah dalam menyelesaikan OBP tersebut. Berikut kutipan wawancaranya.

BACA JUGA:

Tulis Komentar