Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran-UMKM, Ir. Emilia Suhaimi, MM Upaya Lembaga Layanan Pemasaran-UMKM Wujudkan UMKM Naik Kelas

  • Fakta.News - 29 Ags 2018 | 00:30 WIB
Upaya Lembaga Layanan Pemasaran-UMKM Wujudkan UMKM Naik Kelas
Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-UMKM, Emilia Suhaimi (Foto: LLP-UMKM)

Pemerintah terus menguatkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui program-program strategis. Hal ini untuk menuju UMKM Naik Kelas. Diantaranya, menurunkan tariff PPh UMKM dari semula 1% menjadi 0,5%.

Namun demikian, ada beberapa kendala yang mesti diatasi pemerintah agar UMKM bisa naik kelas. Diantaranya permodalan, akses perizinan, akses pasar, manajemen, serta teknologi informasi.

Baca juga:

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-UMKM, Emilia Suhaimi mengatakan, mendorong, promosi dan pemasaran produk-produk UMKM Indonesia adalah salah satu tugas pokok dan fungsi LLP-UMKM. “Indonesia ada 34 provinsi. Di mana setiap provinsi mempunyai UMKM-UMKM unggulan yang produknya selayaknya kami bantu pemasarannya,” ungkapnya kepada Fakta.news, Rabu dua pekan lalu.

Seperti diketahui, di tengah upaya pemerintah mengentaskan kemiskinan bagi rakyat Indonesia, sektor ekonomi kreatif ini sangat berperan penting didalamnya. Bahkan, UMKM turut menyumbang 60% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dengan menguasai 99% unit kerja dan menyerap 97% tenaga kerja di Indonesia. “Saat ini UMKM menjadi penopang ekonomi terbesar,” kata Presiden Joko Widodo belum lama ini.

Kepada Ade Nyong dari Fakta.news, Rabu dua pekan lalu, di ruang kerjanya, lantai 5 Gedung Smesco Indonesia, Jalan Gatot Subroto Kav 49, Jakarta, Emilia berkenan membeberkan upaya LLP-UMKM dalam mendukung UMKM naik kelas. Berikut wawancaranya.

Apa saja program-program LLP-UMKM dalam mendukung UMKM agar bisa naik kelas?

Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-UMKM atau brandingnya Smesco Indonesia salah satu tugas pokok dan fungsinya adalah mendorong, promosi dan pemasaran produk-produk UMKM Indonesia. Indonesia ada 34 provinsi, dimana setiap provinsi mempunyai UMKM-UMKM unggulan yang produknya selayaknya kita bantu pemasarannya. Karena UMKM itu terbatas dalam akses pasar, modal, manajemen dan sebagainya.

Nah, melalui keberadaan Smesco Indonesia sebagai Tradisional Promotion Souvenir Center dan kami baru saja melaunching revitalisasi Paviliun Provinsi. Revitalisasi adalah mementingkan kembali keberadaan provinsi sebagai motor penggerak pemasaran produk-produk UMKM. Penataan Paviliun Provinsi disetting kembali, yang tadinya ada di lantai 15, sekarang diturunkan ke bawah menjadi lantai satu dan dua saja.

Kami juga tidak berhenti untuk terus menata dan peningkatan jumlah stok barang yang berkualitas. Kemudian cara-cara pemasaran juga tidak hanya off-line, tapi juga online melalui pengembangan pemasaran e-commerce.

BACA JUGA:

Tulis Komentar