Permintaan Merosot, Apple Pangkas 10 Persen Produksi iPhone

  • Fakta.News - 11 Jan 2019 | 16:47 WIB
Permintaan Merosot, Apple Pangkas 10 Persen Produksi iPhone

Jakarta – Mengawali 2019, Apple terpaksa harus mengambil keputusan drastis. Raksasa asal Cupertino, California itu, berencana memangkas target produksi keseluruhan untuk iPhone lama dan baru, sebanyak 10 persen untuk kuartil Maret.

Dikutip dari Nikkei Asian Review via CNBC, Jumat (11/1/2019), sejumlah iPhone terbaru pun terdampak pemotongan produksi, antara lain adalah iPhone XS Max, XS, dan XR.

Nikkei Asian Review menuliskan perkiraan kelangkaan tersebut mengekspos pelemahan permintaan iPhone di China, pasar ponsel pintar terbesar di dunia. Kondisi ini ditambah dengan perekonomian yang sedang melambat terkena hantaman perang dagang dengan Amerika Serikat.

Selain itu, banyak analis dan konsumen mengatakan bahwa iPhone baru terlalu mahal. Apple meminta pemasoknya pada akhir bulan lalu untuk mengurangi produksi unit XS, XS Max dan XR.

Nikkei menuliskan permintaan itu dibuat sebelum Apple mengumumkan pemotongan perkiraannya. Prospek penjualan yang lebih suram, yang dikaitkan dengan permintaan China yang lemah, memicu aksi jual luas di pasar saham global.

Firma riset pasar Canalys memperkirakan pengiriman turun 12 persen di China tahun lalu dan mengharapkan pengiriman smartphone pada 2019 untuk turun 3 persen lagi, menjadi di bawah 400 juta untuk pertama kalinya sejak 2014.

Baca juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar