Ustaz Mudhakir Kisah Guru Privat Mengaji Jokowi

  • Fakta.News - 17 Des 2018 | 02:16 WIB
Kisah Guru Privat Mengaji Jokowi
Ustaz Mudhakir

Mudhakir muda kala itu baru saja lulus dari Ma’had Aly dan Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur. Mudzakir masih berstatus pengangguran.

Hanya berbekal niat menjemput rezeki Allah, saat itu ia mantap meninggalkan kampung halamannya di Mantingan, Ngawi, Jawa Timur, menuju Solo, Jawa Tengah.

Awalnya, kegiatan Mudhakir di wilayah Solo Raya hanya melatih silat Pagar Nusa di halaman Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Karanganyar.

“Setelah lulus dari Situbondo tahun 1999, saya aktif di Gerakan Pemuda Ansor dan Pagar Nusa Mantingan, Ngawi, kurang lebih satu setengah tahun.  Akhir tahun 2000 saya dan beberapa sahabat Pagar Nusa Mantingan diminta melatih silat di Karanganyar,” kata Mudhakir (42 tahun) saat ditemui di rumahnya yang sederhana di Kompleks Graha Harmoni, Bulakrejo, Kabupaten Sukoharjo, baru-baru ini.

Sampai suatu hari mata Mudhakir melihat iklan lowongan guru mengaji di koran Solopos, Solo. Tanpa pikir panjang, Mudhakir pun melamar. Usai melalui ujian seleksi di Masjid Perumahan Fajar Indah, Solo, akhirnya Mudhakir diterima sebagai guru mengaji privat di Lembaga Pendidikan Al Quran (LPA) Budi Cendekia, Mojosongo, Solo, pimpinan Rahmat.

Menurut Mudhakir, mereka yang menjadi peserta kursus privat mengaji rata-rata bapak-bapak yang sudah tua. Malah sebagian di antaranya sudah pensiun dari pekerjaan dan ingin mendalami agama. Hanya sedikit saja di antara peserta kursus yang masih muda.

Nah, di antara yang sedikit itu, salah satunya Joko Widodo (Jokowi) dan anak bungsunya, Kaesang Pangarep. Saat itu Jokowi belum menjadi Walikota Solo dan hanya dikenal sebagai pengusaha mebel terkemuka di kota ini.

Mudhakir menjelaskan, kurang lebih setahun Jokowi dan Kaesang mendalami Al Quran. Ia memberikan les privat mengaji Al Quran dengan cara mendatangi rumah keluarga Jokowi di Solo. Materi yang ia sampaikan terutama adalah pelajaran baca tulis Al Quran.

BACA JUGA:

Tulis Komentar