Pahatan Kuno yang Tersembunyi Selama 600 Tahun Ditemukan di Makam Uskup

  • Fakta.News - 3 Jan 2019 | 19:13 WIB
Pahatan Kuno yang Tersembunyi Selama 600 Tahun Ditemukan di Makam Uskup
Ilustrsi situs bersejarah di Skotlandia. (Foto: Pixabay)

Jakarta – Pahatan batu yang sudah tersembunyi selama 600 tahun berhasil ditemukan pada makam uskup abad pertengahan di Katedral Dunkeld, Skotlandia. Diduga milik Uskup Cardeny dari abad ke-15.

Penemuan ukiran batu yang menunjukkan gambar beberapa tokoh suci ini memberikan cahaya baru bagi sejarah situs. Memberi informasi bahwa makam di beberapa titik telah dipindah dari lokasi aslinya dan dibangun ke arah dinding.

Colin Muir, ahli konservasi batu di Historic Environment Scotland (HES) yang memimpin penelitian, menyatakan:

“Penemuan tersebut sangat langka. Ukiran tersembunyi di makam Uskup Cardeny dari abad ke-15 ini akan memperkaya pemahaman kita tentang sejarah Katedral Dunkeld dan seni ukiran batu abad pertengahan.”

“Penemuan tersebut juga memberikan alasan segar mengapa kita harus melakukan eksplorasi lebih lanjut. Terutama untuk mengetahui kapan tepatnya makam itu dipindahkan, beserta alasannya. Mungkin ada detail tersembunyi lainnya yang tersimpan di dalam dinding belakang makam,” tambah Muir.

Penelitian yang lebih mendalam kini sedang dilakukan menggunakan teknologi fotogrametri 3D yang sangat mutakhir.

Model 3D yang lebih detail, diciptakan dengan mengumpulkan beberapa gambar menggunakan kamera dan cermin. Cara itu diketahui memungkinkan para peneliti melihat ukiran dengan lebih dekat.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar