Ridwan Hutagalung Bukan Sekadar Pecinta Sejarah Biasa

  • Fakta.News - 27 Nov 2018 | 19:55 WIB
Bukan Sekadar Pecinta Sejarah Biasa
Ridwan HutagalungFoto: Merdeka

Sejarah memang ada di masa lalu. Namun bagi Ridwan Hutagalung, sejarah adalah pintu menuju masa depan. Bukan sekadar cerita, sejarah bahkan sudah jadi bagian hidupnya.

Di Bandung, Ridwan pun aktif “melestarikan” sejarah bersama rekan-rekannya dari Komunitas Aleut. Aleut sendiri merupakan komunitas pecinta sejarah yang Ridwan dirikan 12 tahun lalu.

Di rumah berukuran 160 meter persegi di Jalan Pasirjaya, Buah Batu, Bandung, Ridwan dan teman-temannya mengumpulkan buku berbagai bidang ilmu dan bahasa hingga ragam piringan hitam. Rumah tersebut ia namakan sekretariat.

Sejak kecil, Ridwan memang dididik untuk membaca. Karena itu pula ia gemar mengumpulkan buku dari mana saja. Buku-buku di sekretariatnya pun kebanyakan memang koleksi pribadinya.

Ridwan berasal dari keluarga menengah ke bawah. Orangtuanya tidak berpendidikan tinggi. Namun mereka suka membelikan buku. Di benak mereka, gemar membaca buku itu bisa meningkatkan kualitas hidup.

“Ternyata itu benar,” kata Ridwan.

Baca Juga:

Buku membuka wawasan Ridwan dan mudah membuat penasaran pada beragam hal. Dia tak pilih-pilih tema. Semua ia lahap meski lebih gandrung pada buku bertema sejarah.

“Saya jatuh cinta pada buku-buku Haryoto Kunto. Tidak sekadar membaca, saya datangi tempat yang ditulisnya. Di sana, informasi yang saya dapat jadi lebih kaya.”

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar