Connect with us

Bukan Sekadar Bahan Bacaan, Ternyata Buku Mampu Pengaruhi Perilaku Sosial Anda

perilaku
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Setelah membaca artikel ini, mungkin Anda akan memutuskan untuk mulai membaca buku. Bukan tanpa alasan, sebuah penelitian oleh Kingston University di London, Inggris, mengungkapkan bahwa mereka yang gemar membaca buku memiliki perilaku dan hati yang baik.

Studi ini melibatkan 123 partisipan yang diuji berdasarkan kemampuan interpersonal—termasuk toleransi pada perasaan orang lain—dan perilaku adaptif dalam menolong orang lain.

Hasilnya? Mereka yang hobi membaca buku memiliki empati yang tinggi dan beretika lebih baik dibandingkan dengan mereka yang gemar menonton televisi.

Penelitian tersebut bahkan menguraikan bahwa orang-orang yang senang menghabiskan waktu dengan menonton televisi, kurang bersahabat dan kurang mau memahami lingkungan sekitarnya.

Namun, kesimpulan ini tidak berlaku bagi semua orang yang hobi membaca buku. Sebab, pilihan buku yang Anda baca juga memiliki peran dan pengaruh dalam membentuk karakter emosional.

Selain itu, penggemar buku fiksi memperlihatkan perilaku sosial yang lebih positif, dan penggemar buku novel romantis memiliki empati yang tinggi.

Tidak hanya perilaku sosial

Selain berpengaruh terhadap perilaku sosial Anda, kebiasaan membaca buku juga memberikan Anda berbagai hal lain. Berikut ini adalah beberapa manfaat lain dari kegemaran membaca buku.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

GAYA HIDUP

Jarang Diketahui, Ini Manfaat Luar Biasa Minum Kopi Hijau

Oleh

Fakta News
kopi hijau

Jakarta – Bukan, biji kopi hijau bukanlah kopi dengan perasa ataupun pewarna melainkan biji kopi dari buah coffea yang belum dipanggang.

Pada biji kopi hijau, terdapat kandungan asam klorogenat yang tinggi dibandingkan kopi panggang biasa. Zat ini dianggap sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Dilansir dari Boldsky, Selasa (2/10) berikut beberapa manfaat kesehatan dari green coffee.

1. Meningkatkan metabolisme

Kopi hijau mengandung asam klorogenat yang berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh. Asam tersebut menurunkan pelepasan glukosa yang berlebihan dari hati ke dalam darah.

2. Kopi Hijau Menjaga kesehatan jantung

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang memperburuk kondisi jantung. Nah, dengan meminum green coffee dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebab, kandungan asam klorogenat di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang membahayakan jantung.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

GAYA HIDUP

Terapkan Gaya Hidup Sehat Melalui Aktivitas Sederhana ini

Oleh

Fakta News
hidup sehat
Ilustrasi.

Jakarta – Siapa pun pasti ingin sehat, tapi giliran diminta menjalani gaya hidup sehat yang benar, belum tentu semua mau menjalaninya. Biasanya, keengganan itu muncul karena anggapan kalau gaya hidup sehat itu sulit dijalani, dan tidak menyenangkan.

Padahal tidak selalu begitu. Ada banyak cara hidup sehat yang mudah dilakukan dan diikuti siapapun. Kuncinya, ada niat dan kemauan keras untuk berkomitmen melakoninya.

Apa saja? Melansir Prevention pada Jumat (22/3/2019), berikut ini beberapa tips gaya hidup sehat yang sederhana, tidak memakan banyak waktu, dan bisa jadi kebiasaan yang sangat baik untuk tubuh Anda jika dilakukan sebelum beraktivitas sehari-hari.

1. Konsumsi lebih banyak protein

Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa di bawah 65 tahun setidaknya harus mengonsumsi sekitar 0,8 gram protein agar menjaga berat badan dan kesehatan optimal. Di usia lanjut, paling tidak seseorang harus mengonsumsi 1 sampai 1,2 gram dalam satu kilogram makanan.

Karena itu, Anda bisa menambahkan sumber protein ke dalam makanan. Misalnya telur atau oatmeal saat sarapan, hingga protein tanpa lemak seperti ikan, tahu, atau ayam di menu makan siang atau malam.

2. Luangkan waktu merawat diri

Merawat diri bukan hanya soal aktivitas kesehatan dan merawat kulit. Terapis perkawinan, Ibinye Osibodu-Onyali mengatakan perawatan diri juga bisa mencakup aktivitas sederhana yang membantu Anda mempertahankan kesehatan.

“Terkadang, sesederhana seperti bicara kepada diri sendiri tentang kebaikan dan harga diri,” kata Osibodu-Onyali.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Bali Mulai Melarang Penggunaan Plastik di Toko-toko dan Bandara

Oleh

Fakta News
plastik
Ilustrasi.

Jakarta – Setelah Bangladesh, Selandia baru, Hawaii dan beberapa negara lainnya yang melarang penggunaan plastik, kini giliran Indonesia melakukan hal sama.

Di Bali, tepatnya di Kabupaten Badung, swalayan dan toko-toko suvenir tidak menyediakan kantung plastik sejak awal Januari 2019. Bagi toko-toko yang kedapatan menyediakan plastik maka akan diberikan teguran oleh petugas.

Dilansir dari Kompas.com, pada salah satu toko terdapat sebuah kertas pengumuman yang bertuliskan: “Mohon maaf. Sehubungan dengan Peraturan Bupati Badung Nomor 36 tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan plastik, maka mulai tanggal 1 Januari 2019. Dimohon untuk para pelanggan setia Serimpi Bali dapat membawa tas belanja sendiri. Terima kasih.”

Selain Bupati Badung, kebijakan ini juga diumumkan oleh Gubernur Bali Wayan Koster melalui Peraturan Gubernur (Pergub) nomor 97 tahun 2018. Tujuannya tak lain untuk mengurangi jumlah sampah plastik hingga 70 persen.

Pergub ini juga telah disetujui oleh Menteri Dalam Negeri sejak 21 Desember 2018 lalu dan sudah mulai direalisasikan.

Peraturan tersebut tidak hanya mengatur penggunaan kantung plastik tetapi juga pembatasan penggunaan sedotan plastik dan styrofoam. Terkait dengan kebijakan ini, ada toko yang menyiasatinya dengan menyediakan tas belanja ramah lingkungan yang dijual seharga Rp 4000.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya