Connect with us

Buka Puasa dengan Makanan Ini Cepat Pulihkan Energi

puasa
Kurma.

Jakarta – Seharian berpuasa tentu saja menyebabkan energi kita akan berkurang. Apalagi, saat berpuasa kita tetap menjalankan aktivitas seperti biasa. Tubuh kita pun sedikit lemah dan lemas. Nah, untuk itu, jenis makanan saat berbuka puasa menjadi begitu penting untuk memulihkan energi.

Untuk memulihkan kembali energi dalam tubuh yang sudah hilang, dianjurkan pula untuk menyegerakan berbuka. Makanan sehat apa saja yang mampu memulihkan energi setelah puasa? Simak ulasannya berikut ini.

1. Kurma

Kurma menjadi salah satu buah paling populer selama bulan puasa dan makanan ini pun sangat dianjurkan untuk berbuka puasa. Bentuknya yang kecil, berwarna merah kecokelatan, dan manis ini sangat cocok untuk dijadikan makanan buka puasa. Mengapa?

Kurma mengandung karbohidrat tinggi, salah satu komponen pentingnya adalah fruktosa. Jenis gula alami yang disebut dengan fruktosa ini, nantinya akan diolah oleh tubuh sebagai sumber energi. Itulah sebabnya makan kurma saat berbuka bisa memberikan Anda stamina setelah seharian berpuasa.

Bukan hanya itu, kurma juga kaya akan mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan, fungsi otak, kesehatan tulang, dan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas. Bahkan, kurma memiliki potensi untuk mengendalikan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemiks yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk pasien diabetes.

2. Madu

Tahukan Anda madu bisa jadi pengganti gula? Saat Anda membuat teh manis, madu bisa dijadikan pengganti gula yang biasanya sering Anda pakai. Bahkan, madu dipandang lebih baik dalam hal kesehatan dibanding dengan gula atau pemanis buatan lainnya. Nah, madu ini punya manfaat bagus bila kita mengonsumsinya saat berbuka puasa.

Madu mengandung tinggi kalori karena kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah olahraga. Tentunya juga sangat bermanfaat untuk memulihkan energi setelah puasa.

Selain gula alami, madu mengandung banyak antioksidan tanpa lemak atau protein sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya peradangan dan menjaga tekanan darah tetap normal. Ini kemungkinan sangat bermanfaat bila Anda merupakan salah satu penggemar makanan berlemak atau berminyak.

Baca juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Ingin Jadi Youtuber? Ini Tips Membuat Video YouTube bagi Pemula

Oleh

Fakta News

Jakarta – Mau belajar jadi YouTuber? Kamu bisa mencoba bikin video dan unggah di YouTube. Ini dia cara membuat video YouTube yang berkualitas untuk para pemula.

YouTube adalah salah satu situs web berbagi video yang didirikan sejak Februari 2015. Penasaran bagaimana cara membuat video di YouTube?

Sebelum membuat video yang nanti akan diunggah di YouTube, kamu harus memiliki akun YouTube terlebih dulu ya.

Cara bikin akun YouTube, kamu harus login dengan username dan password dari akun Google. Selanjutnya, kamu buka situs resmi YouTube (www.youtube.com) lalu klik sign in yang berada di pojok kanan atas. Masukkan akun Google dan secara otomatis kamu akan bisa mengakses akun Youtube.

Apa perbedaan antara akun YouTube dan channel YouTube? YouTube dengan channel YouTube memiliki perbedaan antara lain akun YouTube berguna sebagai admin untuk login dan mengakses ke channel YouTube, sedangkan untuk channel YouTube merupakan nama saluran yang berisikan konten video di YouTube.

Baca Selengkapnya

BERITA

Pemerintah Rencanakan Bangun Rumah dengan Teknologi Printer 3D

Oleh

Fakta News

Jakarta – Pemerintah berencana untuk mengadopsi teknologi printer 3D guna menjalankan program satu juta rumah. Startup unicorn luar negeri pun jadi bidikan pemerintah untuk mengimplementasikannya.

“(Pemerintah) kita punya program untuk membangun rumah bagi masyarakat. Kalau membangun rumahnya pakai cara lama, pasti nggak bisa cepat, harus pakai cara baru, salah satunya 3D printing,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara di Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Untuk merealisasikan rencana ini, pemerintah seperti dikatakan Menkominfo tengah menjajaki dengan startup yang bergelut di bidang tersebut. Pria yang disapa Chief RA enggan mengungkapkan startup yg dimaksud, ia hanya menyebutkan startup itu berasal dari luar negeri dan berstatus unicorn.

“Saya sendiri bicara dengan salah satu unicorn di luar negeri bagaimana membantu Indonesia dalam konteks membangun rumah untuk masyarakat ini,” tutur dia.

Bahkan agar tak sekedar angin lalu, Rudiantara mengaku bahwa ia telah berdiskusi soal ini dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Dalam rencana ini, Menkominfo menyebutkan juga dampak pada kuli bangunan bila teknologi 3D printing benar-benar diterapkan.

“Ada lapangan pekerjaan yang harus diisi. Jadi, tetap kita butuh yang namanya tukang ngaduk semen, tukang cat tukang, kayu dan sebagainya, tapi kita bisa bergantung dengan cara itu,sehingga kita perlu cara baru, yaitu 3D printing,” pungkasnya.

Baca Juga:

 

Munir

Baca Selengkapnya

BERITA

Ribuan Mahasiswa UMK Mainkan Lagu Kebangsaan Pakai Angklung Virtual

Oleh

Fakta News

Jakarta – Sekitar 2.670 orang mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) serentak memainkan musik tradisional angklung secara virtual, yakni dengan memanfaatkan aplikasi mobile dari ponsel pintar masing-masing.

Mereka berkumpul di gedung auditorium kampus UMK, di Jalan Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Selasa (17/9/2019). Para mahasiswa itu memainkan musik angklung virtual mengiringi lagu kebangsaan.

Adapun lagu yang mereka iringi, yaitu Indonesia Pusaka, dan Bagimu Negeri. Pantauan di lokasi, ribuan mahasiswa duduk lesehan, baik di lantai 1 atau 2.

Mereka membawa ponselnya masing-masing. Aplikasi yang digunakan dalam pertunjukan ini ada 5 macam yaitu iAngklung, Kolintang, Serune, Saron, dan Gangsa. Kelimanya merupakan aplikasi musik untuk perangkat Android yang bisa diunduh di Google Play Store.

Sebelumnya, masing-masing peserta diberikan arahan apa dan kapan giliran mereka memainkan nada. Dengan ponselnya, mereka pun memainkan nada sesuai arahan pemandu sebelum mulai. Mulai dari tangga nada do, re, mi, dan seterusnya. Setelah semuanya paham, barulah iringan musik mereka mainkan.

Baca Selengkapnya