Pilihan Ma’ruf Amin sebagai Wakil Jokowi Bikin IHSG Menguat

  • Fakta.News - 10 Ags 2018 | 19:18 WIB
Pilihan Ma’ruf Amin sebagai Wakil Jokowi Bikin IHSG Menguat

Jakarta – Keputusan koalisi parpol pengusung Presiden Joko Widodo memilih KH Ma’ruf Amin sebagai pendampingnya di Pemilihan Presiden 2019 berdampak langsung terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Tercatat, IHSG menguat 0,46 persen pada akhir sesi 1 ke level 6.093,1.

IHSG sendiri menjadi bursa saham dengan performa terbaik di kawasan Asia. Indeks Nikkei turun 0,64 persen, indeks Shanghai turun 0,14 persen, indeks Hang Sen turun 0,46 persen, indeks Strait Times turun 1,21 persen, Kospi turun 0,78 persen, dan SET turun 0,66 persen. Indeks KLCI menguat meski masih di bawah IHSG.

Transaksi di bursa tercatat sebesar Rp3,22 triliun dengan volume 3,98 miliar unit saham. Frekuensi perdagangannya sebanyak 191.191 kali.

Penyebab turunnya sebagian besar bursa saham di Asia adalah sentimen perang dagang Cina dan Amerika Serikat. Cina masih “kepanasan” usah kedua negara saling berbalas tarif bea masuk. Kini, situasi panas perang dagang juga muncul antara AS dan Uni Eropa.

AS dan Uni Eropa sempat sepakat “berdamai” dan melakukan negosiasi untuk menghindari perang dagang. Salah satu kesepakatannya, Uni Eropa akan meningkatkan pembelian LNG dari AS. Sayangnya, harga LNG dari AS dinilai Uni Eropa terlalu mahal.

“Ekspor LNG dari AS, jika harganya kompetitif, akan memainkan peran penting dan strategis untuk menjaga pasokan di Uni Eropa. AS perlu melakukan sesuatu,” ujar Jean-Claude Juncker, Presiden Uni Eropa.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar