Semakin Modern, Kini Donor Organ Tubuh Manusia Bisa Dikirim dengan Drone

  • Fakta.News - 24 Des 2018 | 18:34 WIB
Semakin Modern, Kini Donor Organ Tubuh Manusia Bisa Dikirim dengan Drone
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Meningkatnya popularitas drone dalam beberapa tahun terakhir, membuatnya digembor-gemborkan sebagai masa depan transportasi dunia yang bisa membawa paket ke semua orang.

Namun, selain itu, para peneliti sedang mengembangkan drone agar dapat digunakan di bidang medis. Mereka berharap dapat memakai drone untuk mengantarkan organ tubuh manusia untuk operasi transplantasi.

Selama ini, organ tubuh yang akan didonorkan, dikirim ke seluruh negeri dengan pesawat komersial atau penerbangan pribadi yang mahal. Dengan drone, organ tubuh individu dapat langsung diangkut menuju rumah sakit tempat pasien menunggu untuk dioperasi.

Dr. Joseph Scalea dari University of Maryland Medical Center, memimpin ide ini agar benar-benar bisa direalisasikan di dunia nyata.

“Tiga tahun lalu, saya mulai bertanya kepada diri sendiri mengapa kita harus menunggu pesawat komersial untuk mengantarkan organ tubuh. Pasien-pasien saya jadi harus menunggu organ donornya datang karena tidak ada penerbangan yang tersedia hari itu. Dan saya kesulitan menerima fakta tersebut. Saya rasa, kita bisa melakukan lebih baik dari itu,” papar Scalea kepada Newsweek.

“Saya dan rekan-rekan medis kemudian bekerja sama dengan beberapa orang cerdas. Kami menemukan solusi menakjubkan untuk meningkatkan akses donor menggunakan drone,” tambahnya.

Pada Maret lalu, University of Maryland Medical Center diberitahu bahwa ada ginjal yang tidak cukup sehat untuk digunakan dalam uji transplantasi.

Dalam rangka menjaga kualitas ginjal dan memantau kondisinya, pengangkut khusus bernama Human Organ Monitoring and Quality Assurance Apparatus for Long-Distance Travel (Homal) pun dibuat. Biosensor nirkabel yang dikombinasikan dengan GPS ini, menyajikan data waktu, suhu, tekanan dan lokasi organ.

Tak lama kemudian, empat belas misi pengiriman organ menggunakan droneDJI M600 Pro, diluncurkan. Kendaraan tak berawak itu terbang selama 62 menit, membawa ginjal dengan kecepatan hingga 42 mil per jam.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar