Hanya Perlu Dicas Seminggu Sekali, Ini Baterai Ponsel di Masa Depan

  • Fakta.News - 17 Des 2018 | 18:45 WIB
Hanya Perlu Dicas Seminggu Sekali, Ini Baterai Ponsel di Masa Depan
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Bukan rahasia umum lagi bahwa dilemma yang dihadapi oleh sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia adalah selain mendapatkan fitur yang mumpuni, akan tetapi mereka harus menerima kenyataan bahwa smartphone yang mereka miliki tidak dapat bertahan lama dalam hal baterai.

Smartphone mengonsumsi baterai dengan sangat rakus sehingga pemakaian si smartphone pun tidak dapat bertahan lama. Hal tersebut kadang membuat pengguna kesal dan jengkel. Bayangkan jika ada baterai yang hanya perlu diisi ulang satu kali seminggu. Sangat memudahkan, bukan?

Impian tersebut semakin dekat dengan kenyataan berkat para peneliti dari berbagai institusi. Mereka berfokus kepada fluoride yang bisa menampung lebih banyak daya (sebelumnya kebanyakan baterai berasal dari lithium-ion).

Sejauh ini, para peneliti telah berhasil membuat cairan baterai fluoride yang dapat diisi ulang di suhu ruangan yang biasa kita tempati. Terobosan ini dilaporkan dalam jurnal Science.

Penggunaan fluoride pada baterai mengalami beberapa tantangan dalam beberapa tahun. Pada 1970-an, berbahan dasar fluoride pernah dibuat, tapi mereka membutuhkan suhu yang sangat tinggi sehingga tidak dapat digunakan dalam perangkat sehari-hari.

Namun, karena manfaatnya yang besar, para ilmuwan pun pantang menyerah untuk menelitinya hingga saat ini.

“Fluoride memiliki kepadatan energi yang lebih tinggi. Artinya, mereka dapat bertahan lebih lama–delapan kali lipat dari baterai yang digunakan saat ini,” kata Profesor Robert Grubbs, ahli kimia dari California Institute of Technology dan penerima Nobel di bidang Kimia pada 2005.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar