Connect with us

Diam-Diam, Aplikasi Ini Rekam Aktivitas Layar iPhone Milik Pengguna

iphone
Ilustrasi.

Jakarta – Apple membanggakan dirinya sebagai juara privasi dan keamanan milik pengguna, terutama di iPhone. Tapi laporan terbaru mengungkapkan bahwa perangkat mereka juga rentan.

Dikutip dari TechCrunch, sejumlah aplikasi traveling dan ritel populer seperti pemesanan tiket pesawat, hotel, dan sejenisnya disebut melakukan praktik perekaman layar iPhone tanpa sepengetahuan penggunanya.

Aplikasi yang dimaksud termasuk Hotels.com, Hollister, Expedia, Abercrombie & Fitch, Air Canada, dan Singapore Airlines. Dalam beberapa kasus mereka bahkan secara tidak sengaja mengumbar informasi sensitif.

Lebih parahnya, mereka sedikit ceroboh dengan data yang dikumpulkan. Data yang direkam itu secara otomatis biasanya akan ditutup (masking) untuk mencegah data sensitif diintip oleh pihak ketiga. Data sensitif ini misalnya data kartu kredit, alamat, nomor paspor, dan kata sandi pengguna. Tapi, ternyata masking itu tak berjalan sempurna.

Hal ini seperti ditemukan App Analyst atas apliaksi iPhone Air Canada, perusahaan penerbangan di Kanada. Akibatnya tiap nomor paspor dan kartu kredit terlihat di tiap sesi yang mereka rekam. Apalagi beberapa minggu sebelumnya, Air Canada menyebut kalau aplikasi mereka diretas dan membocorkan data dari 20 ribu profil.

“Hal ini membuat pegawai Air Canada dan orang lain bisa mengakses database tangkapan layar. Sehingga mereka bisa melihat informasi kartu kredit dan kata kunci yang tidak dienkripsi,” jelasnya kepada TechCrunch.

Aplikasi seperti Abercrombie & Fitch, Hotels.com, dan Singapore Airlines menggunakan perusahaan analitis pengalaman pengguna, Glassbox. Ini adalah salah satu perusahaan yang memungkinkan pengembang untuk memasang teknologi perekaman itu.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Rayakan Hari Bumi, Google Tampilkan Video Doodle

Oleh

Fakta News
hari bumi
Google turut merayakan Hari Bumi 2019 dengan menghadirkan Doodle khusus.

Jakarta – Jika kemarin kita merayakan hari Kartini, pada hari ini kita bakal merayakan hari bumi 2019. Yap, seperti yang kita ketahui pada tanggal 22 April memang dikenal sebagai peringatan hari bumi yang dirayakan oleh orang sedunia.

Google pun tak mau ketinggalan. Untuk merayakannya, raksasa internet ini menghadirkan doodle khusus pada tampilan muka halaman pencarinya. Kalau kamu membuka halaman utama Google, kamu akan menemukan Doodle bertulisan Google dengan huruf O yang terlihat seperti matahari.

Huruf O tersebut dapat diklik dan akan memberikan berbagai informasi seputar keberagaman, keunikan dan keajaiban yang dapat ditemukan di antara bentuk-bentuk kehidupan di planet yang kita diami.

Adapun makhluk dan tumbuhan yang ditampilkan pada Google Doodle hari ini, termasuk Wandering Albatross, burung dengan bentang sayap paling lebar dan Coastal Redwood, pohon tertinggi di dunia.

Spesies lainnya adalah Coelacanth, spesies ikan paling tua di dunia; Paedophryne Amauensis, katak dan vertebrata terkecil; Amazon Water Lily, tanaman air terbesar di dunia, dan Deep Cave Springtail, serangga tanpa mata yang hidup di tempat terdalam di dunia.

Keenam spesies yang ditampilkan Google Doodle untuk memperingati Hari Bumi tersebut dikabarkan baru ditemukan dalam kurun waktu beberapa dekade terakhir, setelah sebelumnya diduga punah.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

TEKNOLOGI

Kalah Bersaing, BBM Ucapkan Selamat Tinggal

Oleh

Fakta News
BBM

Jakarta – Aplikasi pesan BlackBerry Messenger (BBM) akhirnya harus tumbang akibat kalah bersaing dengan aplikasi lainnya. Hingga akhirnya, BBM pun memutuskan untuk menututp layanannya mulai 31 Mei mendatang.

Melalui halaman resminya, BBM mengakui memiliki tekad untuk menghidupkan kembali layanan pesan instannya itu. BBM masih berharap dapat menjadi aplikasi perpesanan instan yang paling disukai.

“Tiga tahun lalu, kami mengawali perjalanan untuk memperbaharui BBM, salah satu aplikasi pesan instan yang paling dicintai. Kami berambisi menghadirkan sebuah layanan lintas-platform yang memungkinkan pengguna untuk tak hanya berkirim pesan dan berbagi cerita, tetapi juga menikmati berbagai konten dan bahkan membayar aneka tagihan,” tulis BBM.

BBM mengakui industri teknologi sudah sangat maju dan berkembang. Terlepas dari upaya besarnya, BBM merasa pengguna telah pindah kepada platform lain, sementara pengguna barunya semakin sedikit.

“Namun, tak dapat dipungkiri, industri teknologi begitu dinamis. Walau kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat,” imbuhnya.

Meskipun begitu, BBM mengucapkan terima kasih atas dukungan semua penggunanya, mitra, dan karyawan. Semua pihak tersebut sudah menjadi bagian dari perjalanan layanan konsumen BBM.

“Walaupun berat, kini telah tiba waktunya untuk kami pun beranjak. Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami,” katanya.

“Kami harap Anda akan terus mengenang berbagai memori indah bersama BBM yang telah turut membentuk masa depan platform pesan instan hingga hari ini,” tutupnya.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

TEKNOLOGI

Jangan Bingung! Ini Kartu yang Bisa Dipakai Bayar Tiket MRT Jakarta

Oleh

Fakta News
mrt

Jakarta – Jakarta mempunyai alat transportasi baru yaitu Mass Rapid Transit/ Moda Raya Terpadu atau lebih dikenal dengan singkatan MRT. Untuk tahap pertama, MRT sudah beroperasi dari Lebak Bulus ke Bundaran HI sejak 24 Maret 2019 lalu.

Ada 13 stasiun perhentian (7 stasiun layang dan 6 stasiun bawah tanah) dan jarak yang tercangkup di jalur ini ada 15,7 km dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit.

Terkait mekanisme pembayaran untuk bisa menaiki MRT Jakarta, ada beberapa cara. Untuk bisa masuk ke dalam stasiun, semuanya dilakukan dengan tiket masuk berupa kartu tap yang berguna untuk membuka gerbang masuk kedalam stasiun.

Nah supaya tidak bingung dengan moda transportasi baru ini, berikut beberapa kartu yang bisa digunakan untuk metode pembayaran MRT di bawah ini:

1. Kartu MRT Jakarta Jelajah Single Trip

Kartu ini dapat diperoleh di mesin tiket otomatis (ticket vending machine) atau loket tiket (ticket sales office) yang ada di seluruh Stasiun MRT Jakarta.

2. Kartu Uang Elektronik Bank

Tersedia dalam pilihan yaitu JakLingko, E-Money (Bank Mandiri), Brizzi (Bank BRI), Tap Cash (Bank BNI), Flazz (Bank BCA), dan JakartaOne (Bank OKI) yang dapat diperoleh dari masing-masing bank tersebut.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya