Internasional Gaya Jokowi Dikagumi Wali Kota Seoul Park Won-soon

  • Fakta.News - 22 Sep 2018 | 12:48 WIB
Gaya Jokowi Dikagumi Wali Kota Seoul Park Won-soon

Jakarta – Kunjungan kenegaraan yang dilakukan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan rupanya membekas di hati Wali Kota Seoul Park Won-soon. Di hadapan media di negaranya, ia menyampaikan rasa terkesannya dengan gaya Presiden Jokowi.

Park Won-soon mengaku terkesan selama Jokowi mengunjungi kotanya pada 9 September silam. Seperti diketahui, Jokowi saat itu mengikuti sejumlah kegiatan dari mulai blusukan ke kawasan perbelanjaan Dongdaemun hingga bertemu grup K-Pop Super Junior.

Menurut Wali Kota Seoul, apa yang dilakukan Jokowi tak seperti Presiden lain yang sempat datang ke negaranya. Jokowi menginspirasi dirinya tentang bagaimana mendekatkan diri dengan rakyat.

“Saya sempat menemani Presiden Jokowi jalan-jalan di tepi Sungai Cheonggeyecheon. Beliau pakai kaos dan celana jin,” kata Park Won-soon, di Balai Kota Seoul Jumat (21/9).

Baca Juga:

Park Won-soon mengatakan ingat betul pada perkataan Jokowi yang ingin menjadikan Sungai Ciliwung seindah Sungai Cheonggeyecheon.

Park Won-soon pun bercerita bahwa dulu Sungai Cheonggeyecheon belum seindah sekarang. Lantaran sadar akan pentingnya sungai tersebut bagi masyarakat, pemerintah daerahnya komitmen membersihkannya.

“Dulu Cheonggeyecheon juga sangat kotor dan tidak jernih seperti sekarang, tapi wali kota sebelum saya membuatnya jadi bersih seperti sekarang dan orang-orang jadi senang berjalan-jalan di sini,” katanya.

“Sebenarnya di kota-kota yang cepat berkembang di seluruh dunia masalahnya juga sama seperti ini, termasuk di Korea Utara, kemarin Presiden Kim Jong-un juga menyatakan hal yang sama,” katanya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar