Roma, Film Berbahasa Asing Terbaik Golden Globe 2019

  • Fakta.News - 7 Jan 2019 | 14:50 WIB
Roma, Film Berbahasa Asing Terbaik Golden Globe 2019
Roma.(Foto: Guardian)

Jakarta – Mengalahkan nominasi lain, film Roma garapan Alfonso Cuaron membawa pulang piala Golden Globe 2019 untuk kategori Film Bahasa Asing Terbaik, Minggu, 6 Januari 2019, waktu setempat.

Roma bukan sekadar film biasa. Film berformat hitam putih ini punya latar Meksiko tahun 1970-an dengan berbahasa spanyol. Inilah kekuatan utama Roma. Cuaron ingin Roma “seasli” mungkin, karena film ini bersifat sangat pribadi bagi dirinya.

Sutradara Gravity (2013) ini mempersembahkan Roma untuk Liboria Rodriguez, perempuan berdarah Mixtec yang merupakan asisten rumah tangga orangtua Cuaron dan turut berjasa membesarkan dirinya.

Film ini bercerita tentang Cleo (Yalitza Aparicio), seorang asisten rumah tangga (ART) di satu keluarga kelas menengah yang tinggal di Distrik Roma, di ibukota Meksiko. Pasangan Dokter Antonio (Fernando Grediaga) dan Nyonya Sofia (Marina de Tavira) punya empat anak dan hidup bersama sang nenek, Teresa (Veronica Garcia).

Kisah Cleo berjalan sederhana. Bersama ART lainnya, Adela (Nancy Garcia), keduanya apik merawat kediaman juga menjaga keempat bocah tersebut. Tono, Poco, Sofi, dan Pepe pun sangat menyayangi dan menghormati Cleo.

Kehadiran sosok Fermin (Jorge Antonio Guerrero) belakangan mengusik ketenangan Cleo. Pria pencinta bela diri Jepang yang juga kekasih Cleo. Sayangnya hubungan mereka kandas karena Cleo kemudian hamil dan Fermin menolak bertanggung jawab.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar