Peneliti: Orangtua Harus Pahami Permainan Digital yang Digandrungi Anak-anak

  • Fakta.News - 10 Jan 2019 | 20:50 WIB
Peneliti: Orangtua Harus Pahami Permainan Digital yang Digandrungi Anak-anak
Ilustrasi(Foto: Istimewa)

Jakarta – Anak-anak kian menggandrungi permainan digital. Orangtua pun kini dituntut harus aktif menanggapinya. Agar tahu mana yang baik mana yang tidak, sang anak harus sesekali ditemani bermain.

Hal ini diungkapkan peneliti sekaligus profesor, May O Lwin, dari Nanyang Technological University Singapura. Menurutnya, orang tua harus mampu mengarahkan permainan di media digital yang sesuai dengan tumbuh kembang anak.

“Kalau di bawah 12 tahun, anda tidak bisa memberhentikan mereka bermain begitu saja. Tapi kami merekomendasikan orangtua terlibat paling tidak dua kali bermain permainan bersama mereka,” ujarnya dalam simposium yang digelar Makara Human Behavior Studies in Asia di Jakarta.

“Ketika orangtua punya sesuatu untuk berbagi dengan anak mereka, orangtua akan mengetahui permainan apa yang anak-anak sedang mainkan. Apakah itu berbahaya, apakah punya unsur pendidikan,” sambungnya.

Baca Juga:

Lwin juga merupakan Associate Dean of the College of Humanities, Arts and Social Sciences di Nanyang Technological University. Dalam simposium tersebut ia mengatakan orangtua perlu mengetahui banyaknya waktu yang dihabiskan anak-anak dalam memainkan permainan.

Orangtua juga perlu tahu bagaimana pengendalian diri dan perilaku anak terhadap bermain permainan agar mereka tidak kecanduan.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar