Diskusi Rumah Bersama Pelayan Rakyat Generasi Milenial: Pelajaran Sejarah di Sekolah Harus Dibuat Menarik

  • Fakta.News - 13 Nov 2018 | 10:16 WIB
Generasi Milenial: Pelajaran Sejarah di Sekolah Harus Dibuat Menarik
Naomi Papilaya

Jakarta – Semangat Hari Pahlawan masih hangat dibicarakan. Termasuk bagi generasi milenial. Menurut mereka, berbicara soal pahlawan, maka secara tidak langsung bicara soal sejarah. Namun tak sedikit dari mereka yang berharap agar pelajaran sejarah dibuat semenarik mungkin.

Hal ini diungkapkan artis muda yang tengah naik daun, Naomi Papilaya. Menurutnya, gaya belajar generasi zaman sekarang sudah berubah.

“Banyak anak zaman sekarang lebih mudah jenuh saat mendengarkan cerita lisan saja. Akan jauh lebih menarik bila diadakan study tour ke situs sejarah. Saya pikir siswa akan lebih menangkap dan mengingat, termasuk siapa-siapa saja yang terkait dalam cerita di situs tersebut,” paparnya kepada Fakta.News, di Jakarta, Senin malam (12/11).

Baca Juga:

Naomi tampil sebagai pembicara mewakili generasi milenial dalam Diskusi Rumah Bersama Pelayan Rakyat yang diadakan Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT), Gerakan Kebangsaan (Gerbang) NKRI, dan Teman Jokowi Milenial, Senin kemarin. Dalam Diskusi bertema Pahlawan Zaman Now itu, Naomi menyampaikan banyak hal yang menurutnya perlu mendapat perhatian pemerintah.

Naomi Papilaya (dua dari kanan) di acara Diskusi RUmah Bersama Pelayan Rakyat bertema Pahlawan Jaman Now

“Sampai kapanpun pelajaran sejarah menurut saya akan terus relevan dengan zaman sekarang. Dari cerita sejarah, sebenarnya bisa disampaikan nilai-nilai hidup berbangsa, seperti pentingnya memperjuangkan kemerdekaan,” imbuh dara cantik yang berasal dari Tanah Ambon ini.

Dari jiwa patriot, cinta Tanah Air, menurutnya, bisa diselipkan dalam cerita-cerita kepahlawanan. Apalagi generasi “zaman now” lebih banyak menyukai dengan hal-hal yang berbau humaniora.

“Mungkin bisa juga dengan kampanye mendorong anak-anak untuk ke museum. Di sana kan gudangnya cerita sejarah,” imbuhnya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar