Peneliti: Orangtua Harus Pahami Permainan Digital yang Digandrungi Anak-anak

  • Fakta.News - 10 Jan 2019 | 20:50 WIB

Kecanduan Permainan Digital Bisa Pengaruhi Karakter Anak-anak

Menurut Lwin, rekomendasi orangtua sangat penting karena anak di bawah usia 12 tahun pada umumnya tidak mengetahui mana yang lebih baik dilakukan. Maka dari itu, mereka perlu mendapat arahan dan pemahaman yang dalam hal ini harus dilakukan orangtua.

Jika tidak, maka anak akan mengkonsumsi permainan yang tidak mendukung masa tumbuh kembangnya atau yang mengandung unsur kekerasan ketimbang pendidikan.

Dengan aktif memahami dunia anak-anak, orangtua dapat sekaligus memantau anaknya agar tidak terlampau kecanduan media digital.

“Orangtua bisa membantu membimbing mereka, misalnya memberitahukan ada juga permainan tentang pendidikan daripada kekerasan. Orangtua bisa memberikan rekomendasi, karena mereka masih anak-anak, mereka tidak tahu mana yang lebih baik,” katanya lagi.

Di samping itu, Lwin menuturkan bahwa pengendalian ketat dengan menerapkan berbagai larangan keras untuk akses anak terhadap internet justru dinilai tidak efektif. Yang dibituhkan adalah komunikasi positif.

Dialog untuk mengenal keadaan anak dan perilaku anak terhadap penggunaan media digital lebih penting. Dengan begitu orantua bisa segera mengambil langkah antisipatif untuk mencegah dampak buruk dari penggunaan media digital, seperti kecanduan internet dan permainan.

Andi Tomang

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar