Ulasan Film Mile 22: Ketika Aktor Indonesia Jadi Pemeran Utama di Film Hollywood

  • Fakta.News - 25 Ags 2018 | 12:02 WIB
Mile 22: Ketika Aktor Indonesia Jadi Pemeran Utama di Film Hollywood
Iko Uwais dan Mark Wahlberg

Keterlibatan aktor Indonesia dalam film Hollywood memang bukan pertama kalinya. Namun sebagai pemeran utama, Iko Uwasi jadi yang pertama. Film Mile 22 sekaligus jadi bukti kualitas aktor nasional di kancah internasional.

Film ini bercerita tentang unit taktis elite Overwatch pimpinan James Silva (Mark Wahlberg) yang beroperasi di atas hukum untuk menjaga keamanan Amerika. Mereka punya misi terbaru untuk mengangkut pencari suaka yang juga aset intelijen asing dengan informasi penting bernama Li Noor (Iko Uwais).

Baca Juga:

Premis ini sebenarnya sudah cukup kuat. Demi menyimpan kejutan, cerita pun disuguhkan dengan alur maju mundur.

Nah, untuk poin misterius, film ini sudah bisa dibilang berhasil. Malah saking misteriusnya, penonton bisa sampai lupa karena terlalu lama menunggu dan menebak-nebak kelanjutan cerita.

Langkah yang cerdas bagi sutradara Peter Berg karena alur cerita yang unik. Namun, alih-alih membuat penonton penasaran, film sebenarnya jadi terasa membosankan.

Terlalu lama memang bukan berarti buruk, hanya saja momen untuk dibilang bagus jadi hilang. Jangan-jangan, sutradara dari awal memang tidak menawarkan sisi cerita yang menarik.

Bagi banyak kritikus, Peter Berg seperti hanya fokus pada sosok aktor Iko Uwais. Padahal di sana ada Wahlberg juga.

Saking mengangkat Iko, di film Mile 22 ini pun terdapat penggunaan bahasa Indonesia. Peter rupanya memang sengaja menarik hati penonton Indonesia. Sebab sangat jarang ada film Hollywood yang menggunakan bahasa Indonesia dengan porsi yang cukup banyak.

Istimewa sekaligus ganjil. Ya, pasalnya, Mile 22 diceritakan berlatar di Asia Selatan dengan sebagian besar cameo-nya berwajah ras Mongolid, bukan wajah Indonesia. Ganjilnya lagi, ketika terdapat backsound dari pasukan polisi yang berbahasa Indonesia.

Tapi wajah-wajah para polisinya bukan wajah Indonesia dan bukan berada di Asia Selatan pula. Satu catatan minus untuk penyeleksi casting.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar