Sultan Hassanah Bolkiah Ajak Boikot Produk Hong Kong?

  • Fakta.News - 9 Jan 2018 | 08:40 WIB
Sultan Hassanah Bolkiah Ajak Boikot Produk Hong Kong?

KLAIM

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei membela ustad Abdul Somad yang ditolak masuk oleh otoritas Hong Kong dan mengajak untuk memboikot produk Hong Kong.

FAKTA

BOHONG. Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei tidak pernah mengeluarkan pernyataan pembelaan dan ajakan boikot.

SUMBER

Penolakan terhadap ustad Abdul Somad oleh otoritas Hong Kong telah dipelintir oleh penyebar hoaks untuk menghasut dan mendiskreditkan pemerintah. Lebih parah lagi, pembuat dan penyebar hoaks mencatut Sultan Brunei Darusalam Hassanal Bolkiah.

Sultan Brunei dicatut namanya untuk memboikot produk Hong Kong sudah menyebar melalui Facebook dan Twitter.

Nada nyinyir dan sindiran beragam tetapi memiliki judul dengan nada yang sama. Yakni, Sultan Hassanal Bolkiah membela Abdul Somad dan mengajak untuk memboikot produk Hong Kong.

26229676_1716693608383162_4154045323416610627_n

“Pada wawancara dengan media setempat, Sultan Hassanal Bolkiah menyayangkan sikap Hong Kong dan juga pemerintah Indonesia yang terkesan menutup mata. Kalau Indonesia tidak bisa melindungi ulamanya sendiri, biar kami yang turun tangan. Akan kami boikot seluruh bisnis Hong Kong di Brunei,’’ tulis narasi dalam hoaks yang beredar.

Dalam hoaks tersebut Sultan Brunei Darussalam itu juga dibuat seolah-olah ‘mengipasi’ muslim Indonesia. Sebab, kepala negara sekaligus pemimpin agama di Brunei itu disebutkan telah menuding sebagian besar muslim Indonesia hanya label. Sebab, muslim di Indonesia tetap diam ketika para ulamanya jadi sasaran fitnah.

“Saya selalu memantau perkembangan dakwah Islam di Asia Tenggara. Banyak ulama-ulama mumpuni yang malah jadi sasaran fitnah. Kemarin Habib Rizieq Shihab, saat ini ustad Abdul Somad, besok siapa lagi,’’ tulis sebuah media di tanah air dengan mengutip nama situs islamadina.co.

41PicsArt_12-27-02.21.20

Namun, berita yang ditelan mentah-mentah dipastikan hoaks. Sebab, situs islamadina.co yang dijadikan rujukan ternyata tidak ada.

Sultan Hassanah Bolkiah tidak memiliki akun media sosial secara resmi. Pernyataan Sultan Hassanah bolkiah biasanya di Departemen Informasi yang berada di bawah Kantor Perdana Menteri Brunei Darussalam dan ditayangkan di situs information.gov.bn. Selain situs kanal informasi lain yaitu radio dan televisi bisa diakses versi digitalnya di rtb.gov.bn

Menurut penjelasan halaman Facebook Indonesia Hoaxes bahwa blog berita radarpribumi.com tidak hanya sekali dua kali menyebarkan informasi sesat. Kali ini blog tersebut mencatut nama sultan Brunei didalam judulnya yang ternyata di dalam beritanya tidak terdapat hasil wawancara yang seharusnya ditetap akan di dalam jurnalistik. Selain itu foto yang digunakan mengambil saat sultan Hasanah Bolkiah mengadakan pesta pernikahan untuk salah satu Puteranya. Klaim “*infovalid” tidak menyertakan sumber informasi yang disebutkan sebagai info valid, tidak ada informasi sumber jelas yang bisa diverifikasi untuk memeriksa validitas informasi yang disampaikan. Tipikal hoax yang menggunakan teknik AtA (Appeal to Authority).

KR

BACA JUGA:

Tulis Komentar