Connect with us

Sultan Hassanah Bolkiah Ajak Boikot Produk Hong Kong?

KLAIM

Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei membela ustad Abdul Somad yang ditolak masuk oleh otoritas Hong Kong dan mengajak untuk memboikot produk Hong Kong.

FAKTA

BOHONG. Sultan Hassanal Bolkiah dari Brunei tidak pernah mengeluarkan pernyataan pembelaan dan ajakan boikot.

SUMBER

Penolakan terhadap ustad Abdul Somad oleh otoritas Hong Kong telah dipelintir oleh penyebar hoaks untuk menghasut dan mendiskreditkan pemerintah. Lebih parah lagi, pembuat dan penyebar hoaks mencatut Sultan Brunei Darusalam Hassanal Bolkiah.

Sultan Brunei dicatut namanya untuk memboikot produk Hong Kong sudah menyebar melalui Facebook dan Twitter.

Nada nyinyir dan sindiran beragam tetapi memiliki judul dengan nada yang sama. Yakni, Sultan Hassanal Bolkiah membela Abdul Somad dan mengajak untuk memboikot produk Hong Kong.

26229676_1716693608383162_4154045323416610627_n

“Pada wawancara dengan media setempat, Sultan Hassanal Bolkiah menyayangkan sikap Hong Kong dan juga pemerintah Indonesia yang terkesan menutup mata. Kalau Indonesia tidak bisa melindungi ulamanya sendiri, biar kami yang turun tangan. Akan kami boikot seluruh bisnis Hong Kong di Brunei,’’ tulis narasi dalam hoaks yang beredar.

Dalam hoaks tersebut Sultan Brunei Darussalam itu juga dibuat seolah-olah ‘mengipasi’ muslim Indonesia. Sebab, kepala negara sekaligus pemimpin agama di Brunei itu disebutkan telah menuding sebagian besar muslim Indonesia hanya label. Sebab, muslim di Indonesia tetap diam ketika para ulamanya jadi sasaran fitnah.

“Saya selalu memantau perkembangan dakwah Islam di Asia Tenggara. Banyak ulama-ulama mumpuni yang malah jadi sasaran fitnah. Kemarin Habib Rizieq Shihab, saat ini ustad Abdul Somad, besok siapa lagi,’’ tulis sebuah media di tanah air dengan mengutip nama situs islamadina.co.

41PicsArt_12-27-02.21.20

Namun, berita yang ditelan mentah-mentah dipastikan hoaks. Sebab, situs islamadina.co yang dijadikan rujukan ternyata tidak ada.

Sultan Hassanah Bolkiah tidak memiliki akun media sosial secara resmi. Pernyataan Sultan Hassanah bolkiah biasanya di Departemen Informasi yang berada di bawah Kantor Perdana Menteri Brunei Darussalam dan ditayangkan di situs information.gov.bn. Selain situs kanal informasi lain yaitu radio dan televisi bisa diakses versi digitalnya di rtb.gov.bn

Menurut penjelasan halaman Facebook Indonesia Hoaxes bahwa blog berita radarpribumi.com tidak hanya sekali dua kali menyebarkan informasi sesat. Kali ini blog tersebut mencatut nama sultan Brunei didalam judulnya yang ternyata di dalam beritanya tidak terdapat hasil wawancara yang seharusnya ditetap akan di dalam jurnalistik. Selain itu foto yang digunakan mengambil saat sultan Hasanah Bolkiah mengadakan pesta pernikahan untuk salah satu Puteranya. Klaim “*infovalid” tidak menyertakan sumber informasi yang disebutkan sebagai info valid, tidak ada informasi sumber jelas yang bisa diverifikasi untuk memeriksa validitas informasi yang disampaikan. Tipikal hoax yang menggunakan teknik AtA (Appeal to Authority).

KR

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Ini Faktanya, Soal Saksi PKS yang Disebut Keracunan Sianida

Oleh

Fakta News
Hatta Zailiyus, Keracunan Sianida, Sakit Lupus

Pekanbaru – Seorang saksi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pekanbaru, Riau, Hatta Zailiyus, yang disebut-sebut keracunan sianida, padahal setelah dicek Hatta menderita sakit Lupus.

Namun berita negatif soal sakitnya Hatta, sebelumnya sudah beredar luas dan sengaja diedarkan di medsos. Hatta saksi PKS di Pekanbaru, Riau itu, dalam pemberitaannya di medsos, disebutkan, terpaksa dilarikan ke rumah sakit usai Pemilu 2019. Saksi yang bernama Hatta Zailiyus ini sempat menjadi saksi pemungutan suara di Bina Widya, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

Usai pemilu, Hatta dirujuk ke RSUD Arifin Achmad (AA) Pekanbaru karena sakit. Kabar sakitnya Hatta, viral di media sosial. Muncul narasi negatif yang disebarluaskan oleh warganet soal penyebab sakitnya Hatta.

Unggahan yang beredar luas di medsos itu, berupa video kondisi Hatta saat dirawat di rumah sakit. Dalam video berdurasi 37 detik yang viral itu, Hatta tampak terbaring dan meronta. Sementara kedua tangannya diikat ke ranjang.

Penyebar video juga menyertakan keterangan, bahwa saksi PKS tersebut bernama Hatta. “Hatta mulai sakit kurang lebih 7 hari habis pemilu. Mulai gelisah, gak bisa tidur, sama banyak bicara yang aneh. Kemaren malam udah coba di rukyah sekali, tapi belum ada perubahan,” bunyi keterangan pada video itu.

Baca Selengkapnya

FAKTAMETER

Indonesia Berpotensi Boikot Israel Melalui Perserikatan Bangsa Bangsa

Oleh

Fakta News
indonesia berpotensi boikot israel
Direktur Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI, Febrian Ruddyard(istimewa)

Jakarta – Indonesia akan menyisipkan isu Palestina dalam keketuaan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Hal ini juga membuat Indonesia berpotensi melakukan inisiatif perbincangan untuk boikot Israel.

“Kita masih menentukan poin-poin penting apa yang perlu dibahas. Yang jelas nanti pasti akan banyak sekali isu yang dilontarkan. tentang pemboikotan Israel sendiri, sebelumnya kita masih harus analisis,” ujar Direktur Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI, Febrian Ruddyard di Jakarta, Kamis (2/5/19).

Febrian melanjutkan, diskusi informal ‘Arria Formula’ tersebut dinilai tepat untuk membahas permasalahan Israel. Ia berpendapat, intensitas ketegangan tidak akan terjadi dalam pertemuan informal tersebut.

Febrian menjelaskan, perbincangan informal tersebut tidak menghasilkan ketetapan yang mengikat. Namun ia mengatakan, perbincangan ini akan berperan penting dalam membuka penilaian masyarakt dunia atas isu terkait.

“Untuk awal mungkin kita dimulai dari topik pemukiman ilegal, namun tidak menutup kemungkinan nantinya bahas isu ekonomi, kemudian mengenai Yerusalem,” tuturnya.

“Namun Arria Formula ini tepat sekali digunakan untuk membahas isu soal Israel tanpa perlu harus khawatir dengan hasil akhirnya, karena Arria Formula tidak berorientasi pada produk di Dewan Keamanan,” sambungnya.

Baca juga:

Baca Selengkapnya

FAKTAMETER

Kementerian PUPR Bangun Jembatan Gantung Teknologi Judesa

Oleh

Fakta News
Teknologi Judesa
Jembatan Gantung Teknologi Judesa di Cianjur(Foto: PUPR)

Cianjur – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tidak hanya membangun infrastruktur skala masif namun juga infrastruktur kerakyatan salah satunya jembatan gantung guna mempermudah dan memperpendek akses masyarakat pedesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, dan akses silaturahmi antar warga.

“Hadirnya jembatan Judesa akan mempermudah dan memperpendek akses warga masyarakat perdesaan menuju sekolah, pasar, tempat kerja, mengurus administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antar warga,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa waktu lalu.

Dalam kurun 2015-2018, Kementerian PUPR telah membangun sebanyak 164 jembatan gantung dengan total panjang 39.798 meter diantaranya merupakan Jembatan Gantung Asimetris Untuk Pedesaan (Judesa). Pada tahun 2019, jembatan gantung baru yang akan dibangun sebanyak sebanyak 166 unit yang tersebar di seluruh pelosok di tanah air.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya