Soal KJP, Forum Warga: Lebih Baik Era Ahok daripada Anies Baswedan

  • Fakta.News - 11 Jan 2019 | 11:15 WIB
Soal KJP, Forum Warga: Lebih Baik Era Ahok daripada Anies Baswedan
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).(Foto: Sindo)

Jakarta – Kartu Jakarta Pintar (KJP) diperuntukkan bagi siswa-siswi dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dari kalangan tidak mampu di Jakarta. KJP ini merupakan terobosan Gubernur DKI Jakarta semasa dijabat Joko Widodo yang kemudian dilanjutkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Gubernur DKI Jakarta berikutnya yaitu Anies Baswedan menggembar-gemborkan KJP Plus pada masa kampanye. Salah satu plus yang ia tawarkan dalam perkembangannya adalah KJP bisa tarik tunai.

Sebelumnya KJP tidak boleh ditarik tunai untuk memastikan bahwa uang yang ada dalam kartu tersebut benar-benar digunakan untuk kebutuhan sekolah anak, bukan diselewengkan untuk hal lain.

Setahun kepemimpinan Anies di DKI Jakarta, KJP bisa tarik tunai ini mendapat kritik dari Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan saat memaparkan catatan akhir tahun 2018 terkait kinerja Anies bertajuk, “Janji Anies, Janji Manis”, Kamis (10/1).

Tigor mengatakan program KJP yang kini disebut dengan KJP Plus, Anies melenceng dari tujuan awal yang sebelumnya dijalankan Ahok untuk memenuhi kebutuhan Pendidikan bagi anak kurang mampu.

Menurutnya, saat ini KJP Plus justru bebas digunakan untuk membeli apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat kurang mampu seperti sembako, alat kecantikan, pakaian, dan lainnya.

“KJP itu sudah bisa buat macam-macam tidak terkontrol, sekarang itu menyedihkan buat kita. Menurut saya ini PR berat yang harus jadi tanggung jawabnya Gubernur Jakarta,” katanya saat diskusi di Jakarta Pusat, Kamis (10/1).

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar