Presiden Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Tokoh Indonesia

  • Fakta.News - 8 Nov 2018 | 18:00 WIB
Presiden Jokowi Beri Gelar Pahlawan Nasional ke 6 Tokoh Indonesia
Suasana pemberian gelar pahlawan nasional pada 6 tokoh Indonesia yang diberikan Presiden Joko Widodo(Foto: Setkab)

Jakarta – Presiden Joko Widodo memberi gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh di Istana, Jakarta, Kamis (8/11). Pemberian ini dilakukan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 123/TK/TAHUN 2018 tanggal 6 November 2018 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional.

Adapun 6 tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional di antaranya Almarhum Abdurrahman Baswedan dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Almarhum Agung Hajjah Andi Depu dari Provinsi Sulawesi Barat.

Lalu Almarhum Depati Amir dari Provinsi Bangka Belitung, Almarhum Kasman Singodimedjo dari Provinsi Jawa Tengah.

Kemudian Almarhum Ir H Pangeran Mohammad Noor dari Provinsi Kalimantan Selatan, serta Almarhum Brigjen KH Syam’un dari Provinsi Banten.

Penganugerahan pada 6 tokoh tersebut dilakukan sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Pahlawan Nasional.

Baca Juga:

Almarhum Abdurrahman Baswedan adalah Kakek dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ia merupakan tokoh yang memperjuangkan integrasi keturunan Arab menjadi bangsa Indonesia.

Abdurrahman Baswedan

Abdurrahman Baswedan lahir di Surabaya pada 9 September 1908. Ia besar di Yogyakarta dan terlibat dalam dunia pergerakan yang mengusung cita-cita mewujudkan Indonesia merdeka dan berdaulat.

Abdurrahaman Baswedan banyak berjuang melalui dunia jurnalistik. Ia sering menulis di surat kabar dan kepertaian melalui Partai Arab Indonesia (PAI). Almarhum juga menjadi anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Agung Hajjah Andi Depu

Tokoh kedua, Almarhum Agung Hajjah Andi Depu, adalah pelaku sejarah Indonesia. Ia dikenal sebagai sosok perempuan berdedikasi dan loyal dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Tokoh perempuan dari Sulawesi Barat ini lahir pada 19 Agustus 1908. Ia dinilai berjasa menggerakkan semangat pemuda-pemudi melawan penjajahan untuk kemerdekaan Indonesia.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar