Kesehatan Ketahuilah Fakta dan Mitos dalam Berpuasa

  • Fakta.News - 16 Mei 2018 | 16:34 WIB
Ketahuilah Fakta dan Mitos dalam Berpuasa

Mitos menjadi bagian dalam tiap kebudayaan mana pun. Mitos kadang memiliki kebenaran. Namun kadang pula, kebenarannya muncul karena sering didengungkan. Untuk itu, kita perlu membedah mitos. Di Ramadan, mitos kerap muncul pula. Terutama tentang mitos berpuasa di bulan Ramadan. Dilansir dari NatGeo Indonesia, dr. Florentina R. Wahjuni, CQ.Phy., CHt., Ahli Kesehatan Holistik Medis dari RS Meilia Cibubur membahas beberapa mitos dan fakta tentang puasa.

Ibu Menyusui Tidak Boleh Berpuasa

Faktanya: Puasa tidak memengaruhi kualitas ASI. “Tubuh manusia sangat pintar karena bisa melakukan kompensasi dalam keadaan apa pun, asalkan tidak berlebihan. Yang dikhawatirkan pada ibu menyusui adalah rasa haus dan kekhawatiran mengalami dehidrasi,” kata dr. Florentina.

Lakukan: Bagi ibu menyusui, sangat penting untuk menjaga kesehatan saat puasa. Mereka harus memerhatikan kebutuhan vitamin, cairan, elektrolit, nutrisi, protein. Sebaiknya, minum 8 gelas air dalam sehari. Bisa dibagi-bagi di waktu tertentu: minum 2 gelas saat bangun tidur sebelum sahur, 2 gelas sambil makan sahur, buka puasa 1 gelas, makan malam 2 gelas, dan sebelum tidur 1 gelas.

Baca Juga: Manfaat Lain dari Jahe

Selain itu, lanjut ibu dua anak ini, jangan lupa untuk memerhatikan kualitas asupan gizi. Kalori yang dibutuhkan dalam sehari mencapai 700 kalori tambahan atau setidaknya 500 kalori. Jangan kebanyakan karbohidrat atau makanan manis. Konsumsi daun katuk agar produksi ASI tetap lancar.

BACA JUGA:

Tulis Komentar