Nikson Nababan Bupati Tapanuli Utara: “Tekad Saya, Menjadikan Taput Sejahtera Sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung SDM Berkualitas”

  • Fakta.News - 2 Apr 2018 | 11:01 WIB
“Tekad Saya, Menjadikan Taput Sejahtera Sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung SDM Berkualitas”

Seolah belum puas membangun Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan kembali mencalonkan diri sebagai salah satu calon Bupati Taput untuk periode kedua. Kendati begitu, kerja Nikson sebagai Bupati Taput untuk periode pertamanya, dinilai berhasil.

Tak sia-sia, Nikson sejak menjabat sebagai Bupati Kabupaten Taput periode pertama, sejak April 2014 lalu, hasil pembangunannya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. “Walaupun begitu, saya masih terus berkeinginan menjadikan Taput sebagai lumbung pangan dan lumbung sumber daya manusia (SDM),” katanya.

Baca Juga: Bupati Taput dan Djarot Saiful Hidayat Berikan Bantuan Alat Pertanian untuk Wujudkan Lumbung Pangan Nasional

Selama memimpin Kabupaten Tapanuli Utara, Bupati Nikson berturut-turut tiga kali memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK perwakilan Sumatera Utara (2014, 2015, 2017), Penghargaan dari Menteri Keuangan atas Keberhasilan Menyusun Laporan Keuangan Tahun 2016 dengan Capaian Standar Tertinggi dan Penghargaan Pemerintah Daerah Terbaik  ke IV dalam kinerja Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2017

Di periode pertamanya, Nikson diacungi jempol karena berhasil membangun infrastruktur di Taput. “Kami benahi infrastruktur pedesaan lebih dulu agar tak terisolir lagi, sehingga perekonomian warga desa pun bisa bergulir mensejahterakan mereka,” tutur Bupati Taput Nikson Nababan kepada M Riz dari fakta.news di rumahnya di Tarutung, Kabupaten Taput, Sumatera Utara, Senin (12/3/2018).

Nah, seperti apa keberhasilan Nikson membangun Taput, berikut ini petikan wawancaranya.

Inovasi apa saja yang diterapkan Anda ketika membangun Taput di periode pertama Anda sebagai Bupati Taput?

Sebelumnya harus diketahui dulu, Dana Alokasi Umum (DAU) ke Kabupaten Taput ini kecil. Namun, itu tidak menyurutkan saya. Saya melakukan door to door ke setiap kementerian di Jakarta, agar proposal yang diajukan dapat segera ditindak lanjuti demi kepentingan masyarakat.

Sejak awal saya merasa perlunya inovasi untuk melakukan terobosan dalam percepatan pembangunan pada beberapa sektor, antara lain pertanian, infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan dan pariwisata serta pemerintahan.

BACA JUGA:

Tulis Komentar