Aplikasi Transportasi Online Grab Dapat Kucuran Rp13,9 Triliun dari Toyota

  • Fakta.News - 13 Jun 2018 | 19:42 WIB
Transportasi Online Grab Dapat Kucuran Rp13,9 Triliun dari Toyota
Ilustrasi Toyota dan Grab

Jakarta – Suntikan dana segar diterima perusahaan penyedia layanan transportasi online Grab dari raksasa otomotif Toyota Motor. Dana segar sebesar 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp13,9 triliun membuat Toyota menjadi investor utama dalam putaran pendanaan yang berlangsung saat ini.

Investasi Toyota ini menjadi yang terbesar yang pernah dilakukan produsen mobil di sektor transportasi panggilan. Hal ini juga menjadi investasi perdana Grab, setelah mereka mengakuisisi Uber di region Asia Tenggara.

Adapun dana tersebut akan digunakan untuk membantu Grab memperluas jangkauan layanan mereka. Sebut saja seperti pengiriman makanan dan pembayaran digital, utamanya ke wilayah Asia Tenggara.

Baca Juga:

Dilansir dari Reuters, seorang eksekutif Toyota disebut akan bergabung ke dewan direksi Grab. Di jajaran eksekutif Grab juga akan ditambah anggota dari tim Toyota.

Meski begitu, sebelumnya anak usaha Toyota Tsusho juga pernah berinvestasi di Grab pada akhir Agustus 2017 lalu. Saat itu, pendanaannya diikuti Didi Chuxing dan SoftBank Group sebagai investor.

Kemudian awal tahun ini, Grab memutuskan mengambil alih bisnis Uber di Asia Tenggara. Kesepakatan tersebut diklaim menjadi yang terbesar yang pernah dijalin antara perusahaan internet di kawasan Asia Tenggara.

Sebagai bagian dari transaksi, Uber mengambil saham sebesar 27,5 persen di perusahaan Grab. CEO Uber saat ini, Dara Khosrowshahi, juga bergabung di kursi dewan direksi Grab.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar