Situs Penyiaran Asal Australia Diblokir Pemerintah China

  • Fakta.News - 3 Sep 2018 | 21:05 WIB
Situs Penyiaran Asal Australia Diblokir Pemerintah China
Ilustrasi.(Foto: Getty Images)

Jakarta – Regulator keamanan siber China mengonfirmasi telah memblokir situs penyiaran Australia ABC karena melanggar aturan internet negara itu. Tetapi mereka menolak mengatakan bagaimana pemblokiran itu terjadi.

Menurut keterangan yang dirilis pihak ABC, pengunjung situs dari China secara tiba-tiba diblokir dan tidak bisa mengunjungi situs aplikasinya sejak dua minggu lalu.

“Situs web dan aplikasi ABC biasanya dapat diakses oleh pengguna web China dan tidak tunduk pada ‘Great Firewall’ sensor, tetapi akses tiba-tiba berhenti pada 22 Agustus,” tulis jurnalis Bill Birtles dan Matthew Carney seperti dimuat BBC.

Sejak hari tersebut, ABC terus mencari penyebab pemblokiran. Setelah mengajukan permintaan untuk klarifikasi, seorang penjabat dari Central Cyberspace Affairs China memberikan pernyataan kepada ABC.

“Kami menyambut perusahaan internet dari seluruh dunia untuk memberikan informasi yang baik kepada netizen Cina,” kata pejabat itu, yang menolak menyebutkan namanya, menurut ABC.

“Namun, hak kedaulatan cyber negara harus dipertahankan terhadap beberapa situs web luar negeri yang melanggar hukum dan peraturan China.” tambahnya.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar