Singapura Perseteruan AS-China Di Balik Perang Pengaruh di Kawasan Asia Tenggara

  • Fakta.News - 4 Ags 2018 | 14:30 WIB
Perseteruan AS-China Di Balik Perang Pengaruh di Kawasan Asia Tenggara
Bantuan AS di balik perseteruannya dengan China(Foto: cnbc.com)

Singapura – Perseteruan AS-China terus berlanjut ke bidang lain. Kali ini, seperti ditunjukkan Amerika Serikat (AS) yaitu terkait perebutan pengaruh di bidang keamanan kawasan. Pemerintah AS menjanjikan pengucuran dana hingga US$300 juta untuk memperkuat sistem keamanan (security funding) di Asia Tenggara. Di balik bantuan AS itu, adalah buntut  yang diawali dengan perang dagang.

Komitmen tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada pers, dalam pertemuannya dengan Menteri luar negeri (Menlu) dari negara anggota Asean di Singapura.

“Sebagai bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan keamanan di regional Asia Pasifik, dengan gembira kami mengumumkan security funding senilai hampir US$300 juta. Itu untuk meningkatkan kerja sama keamanan antara AS dengan pemerintah di regional ini,” ungkap Pompeo seperti dikutip Reuters, Sabtu (4/8/2018). Hal ini muncul di tengah perseteruan AS-China yang dipicu perang dagang.

Baca Juga:

Menurutnya, fasilitas keamanan tersebut akan memperkuat sistem kemaritiman di Asia Tenggara. Lalu, meningkatkan bantuan kemanusiaan, memperkuat kapabilitas menjaga perdamaian, dan mengantisipasi adanya ancaman transnasional.

Pada awal pekan ini, AS juga sempat menyebut akan menginvestasikan US$113 juta (setara Rp1,62 triliun) untuk sektor teknologi, energi, dan infrastruktur di negara-negara Asia. Pemerintah negeri Paman Sam menyebut komitmen tersebut sebagai ‘uang muka’ dari era komitmen ekonomi AS pada Asia. Tindakan itu, tentunya demi mendapat simpati dari negara-negara Asia Tenggara di tengah perseteruan AS-China.

Hal itu diutarakan Pompeo saat berbicara dalam “Indo Pacific Business Forum” yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang AS (US Chamber) di Washington DC, 30 Juli 2018 –sehari jelang kunjungan kerjanya ke Malaysia, Singapura, Indonesia dan pertemuan antar menteri luar negeri ASEAN sepanjang pekan ini.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar