Connect with us
Media Sosial

Emoji Spesial Twitter Hadir, Rayakan Pertemuan Trump-Kim di Singapura

di Singapura
Pertemuan Donald Trum dan Kim Jong Un di Singapura.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Presiden Amerika Serikat, Donald Trump hari ini melakukan pertemuan bersejarah dengan pemimpin Korea Utara yaitu Kim Jong-un. Mengingat pentingnya momentum tersebut,  Twitter membuat emoji spesial #TrumpKimSummit untuk KTT yang dilaksanakan di Singapura.

Dalam keterangan resminya, Twitter Singapura mengungkapkan platformnya menjadi salah satu cara tercepat untuk masyarakat mengetahui apa yang terjadi pada #TrumpKimSummit di Singapura.

“Twitter dapat digunakan untuk mendapatkan pembaharuan real-time. Seperti live streaming di Twitter,” terang keterangan resmi tersebut, Selasa (12/6/2018).

Selain itu, Twitter menyiapkan emoji khusus untuk tagar #TrumpKimSummit. Setiap cuitan yang menyertakan tagar tersebut, di akhir kata akan muncul emoji dua tangan yang terkatup.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

TEKNOLOGI

Susul Google, Intel dan Qualcomm Bakal Putus Hubungan dengan Huawei

Oleh

Fakta News
intel

Jakarta – Dampak perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok semakin keras. Salah satu perusahaan Cina yang bertubi-tubi mendapat pukulan keras ialah Huawei. Buntut panjang terbaru, Intel, Qualcomm dan Broadcom memutuskan hubungan bisnis dengan Huawei.

Langkah tersebut merupakan tindak lanjut dari kebijakan pemerintah AS terkait blacklist perdagangan dengan mempersulit Huawei mendapatkan komponen asal AS, baik perangkat keras maupun lunak.

Pemutusan hubungan antara ketiga perusahaan di atas dengan Huawei kabarnya bakal segera berlaku.

Menurut sumber Bloomberg, karyawan di seluruh perusahaan pembuat chipset utama AS telah diberitahu bahwa perusahaan mereka akan membekukan penawaran pasokan dengan Huawei, hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.

Sekadar informasi, Intel memberi Huawei chip server dan prosesor untuk jajaran laptop Huawei. Sementara, Qualcomm menyediakan modem dan prosesor dalam jumlah minim untuk Huawei.

Laporan Bloomberg lainnya menunjukkan Huawei sudah siap terhadap kemungkinan ini. Mereka menimbun chip dari pemasok Amerika Serikat demi bertahan setidaknya hingga tiga bulan. Huawei juga telah mengembangkan alternatif in-house untuk Android dan Windows.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

TEKNOLOGI

Makin Rawan Diretas, Whatsapp Minta Pengguna Lakukan Update

Oleh

Fakta News
diretas
Ilustrasi.

Jakarta – Belum lama ini, WhatsApp dikabarkan telah diganggu sejumlah peretas menggunakan spyware. Spyware ini sengaja dipasang di platform tersebut dengan mengeksploitasi kerentanan utama dalam aplikasi.

Celah keamanan melalui panggilan telepon WhatsApp pertama kali dilaporkan oleh media Financial Times, yang menyatakan bahwa WhatsApp Call bisa disusupi oleh spyware asal Israel.

Disebutkan pula bahwa spyware itu diduga kuat buatan perusahaan Israel yang bernama NSO Group. Spyware tersebut dapat menginvasi telepon WhatsApp pada versi Android maupun iOS dan berpotensi meraup data penting penggunanya.

Spyware juga bisa menyusupi panggilan telepon melalui aplikasi WhatsApp meskipun panggilan telepon itu tidak dijawab oleh pengguna. Dalam beberapa kasus, panggilan telepon yang tidak terjawab itu bisa hilang dari daftar panggilan, jadi pengguna tidak akan menyadari adanya telepon masuk.

Spyware sediri merupakan perangkat lunak yang bertugas memantau sekaligus memata-matai aktivitas penguna internet. Fungsi spyware menjadi negatif jika digunakan untuk melihat dan mencuri data pengguna.

Dengan merebaknya spyware tersebut, pihak WhatsApp sendiri langsung menggulirkan versi pembaruan yang berisikan tambalan terhadap celah masuknya spyware.

Juru bicara WhatsApp mengimbau agar pengguna segera meng-upgrade ke versi terbaru aplikasi WhatsApp. Selain untuk menjaga sistem operasi di perangkatnya tetap update, juga demi perlindungan dari potensi menjadi target serangan yang imbasnya terhadap informasi pada perangkat.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

TEKNOLOGI

Pemerintah China Blokir Total Situs Wikipedia

Oleh

Fakta News
pemerintah
Ilustrasi

Jakarta – China dikenal sebagai salah satu negara yang menerapkan sensor terhadap internet dengan ketat. Terbaru pemerintah China memblokir Wikipedia.

Samantha Lien, juru bicara Wikimedia Foundation, yang memiliki Wikipedia, dalam pesan elektronik kepada Reuters mengatakan  Pada bulan April, Wikimedia Foundation menetapkan bahwa Wikipedia tidak lagi dapat diakses di Tiongkok.

“Setelah menganalisis secara cermat laporan lalu lintas internal, kami dapat mengonfirmasi Wikipedia diblokir di semua versi bahasa,” kata Lien dalam pernyataannya.

Kini, seluruh versi bahasa dari situs tersebut tak lagi bisa diakses di Negeri Tirai Bambu. Sebelumnya negara pimpinan Xi Jinping itu hanya memblokir Wikipedia versi Bahasa China saja.

Wikimedia, selaku organisasi di balik Wikipedia, mengaku tidak mendapat imbauan apa-apa dari pemerintah China mengapa blokir itu diberlakukan. Mereka hanya dapat memastikan kebenaran dari temuan pada peneliti sensor internet tersebut.

Diketahui, China memang sempat beberapa kali dilaporkan memblokir Wikipedia. Bahkan, mereka juga punya situs serupa dengan platform tersebut.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya