Sains Otak Tiruan Kini dapat Dibuat dengan Menggunakan Komputer Super Cerdas

  • Fakta.News - 5 Okt 2018 | 19:47 WIB
Otak Tiruan Kini dapat Dibuat dengan Menggunakan Komputer Super Cerdas
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Komputer merupakan perangkat cerdas yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Saking pintarnya, komputer mampu melakukan tugas yang lebih cepat dan akurat dibanding otak manusia. Adakah hal yang dapat dilakukan otak manusia dan lebih baik dari apa yang dilakukan komputer super cerdas?

Perangkat komputasi sebelumnya dirancang untuk menghitung angka lebih cepat dari orang. Komputer makin hari makin berkembang dan dapat melakukan hal-hal yang rumit seperti membantu perhitungan untuk pembangunan gedung-gedung bertingkat dan bahkan mengukur kedalaman laut.

Komputer dapat menghitung miliaran operasi per detik dan mengakses petak besar informasi yang tersimpan dalam memori. Bahkan, sebuah program komputer kini dapat memiliki perasaan karena menciptakan otak.

Seorang ilmuan berasal dari Universitas Teknik München, Alois Knoll berhasil mensimulasikan otak ke dalam komputer. Dia berupaya mengungkap cara kerja otak manusia.

“Ide dasar proyek Human Brain adalah: membuat simulasi komputer dari sebanyak mungkin fungsi otak hewan mamalia. Jadi langkah pertamanya, orang harus mengerti bagaimana semua ini berfungsi. Bagaimana cara neuron atau komponen otak berfungsi. Bagaimana mereka bekerjasama dan bagaimana meniru cara kerja mereka lewat komputer, yang pada dasarnya mengolah angka,” ujar Knoll sebagaimana dikutip DW, Jumat (5/10/2018).

Jika dibandingkan dengan otak manusia, otak tikus dengan 70 juta neuron sangat kecil, tapi strukturnya serupa.
Jadi, langkah pertama adalah simulasi otak tikus yang tidak terlalu rumit. Dan dikaitkan dengan pertanyaan, bagaimana otak menyampaikan informasi ke tubuh virtual.

Otak memproses impresi dari sensor dan menghasilkan komando biologis yang, misalnya, menyulut reaksi emosi. Bagaimana jalan proses ini?

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar