Cegah Konten Pelecehan Seksual Pada Anak, Google Gunakan Kecerdasan Buatan

  • Fakta.News - 7 Sep 2018 | 13:51 WIB
Cegah Konten Pelecehan Seksual Pada Anak, Google Gunakan Kecerdasan Buatan
Ilustrasi.(Foto: Net)

Jakarta – Menghentikan konten pelecehan seksual anak menjadi prioritas bagi perusahaan-perusahaan internet besar saat ini. Namun, hal tersebut menjadi pekerjaan sulit apabila dikerjakan manusia. Harus memilah sekian juta konten dan menghapus konten tak layak tersebut.

Untuk memerangi hal ini, Dikutip The Verge, Selasa (4/9/2018), Google meluncurkan sebuah perangkat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) gratis yang dapat membantu perusahaan dan organisasi mengidentifikasi gambar-gambar terkait pelecehan seksual anak di internet.

Content Safety API milik Google menggunakan jaringan-jaringan untuk memindai gambar dengan sedemikian rupa, sehingga gambar-gambar yang dianggap tidak layak akan lebih sedikit terlihat.

Pihak Google mengklaim teknik ini bisa membantu para reviewer mengidentifikasi konten pelecehan terhadap anak hingga 700 persen lebih banyak dari sebelumnya.

“Identifikasi cepat terhadap gambar–gambar dengan konten pelecehan seksual dapat diidentifikasi secara mudah,” ujar pimpinan Google Nikola Todorovic.

Sejauh ini, penggunaan AI memang sedang meningkat di industri teknologi. Istilah itu mengacu pada teknologi yang dimodelkan pada otak manusia.

Pengembangan tool kecerdasan buatan ini pun diapresiasi oleh Internet Watch Foundation, sebuah organisasi sosial Inggris yang bertujuan untuk mengurangi konten yang berbau pelecehan seksual anak.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar