Lima Faktor Kecelakaan Pesawat yang Paling Sering Terjadi di Dunia

  • Fakta.News - 4 Nov 2018 | 12:15 WIB
Lima Faktor Kecelakaan Pesawat yang Paling Sering Terjadi di Dunia

Jakarta – Kecelakaan pesawat memang jarang terjadi, karena pesawat memang dianggap transportasi paling aman di dunia. Namun, apa yang terjadi bila mendengar kecelakaan pesawat?

Pasti sangat mengerikan dan mulai timbul pertanyaan-pertanyaan tentang keamanan pesawat bahkan sampai terpikir tentang adanya teroris di dalam pesawat. Namun, sampai fakta kecelakaan tersebut terjawab, spekulasi tentang apa yang menjadi penyebab kecelakaan adalah hal yang tidak baik dan tidak bijaksana.

Berikut dilansir dari theconversation.com, ini dia lima alasan umum terjadinya kecelakaan pesawat.

1. Kesalahan pilot

Karena pesawat terbang kini semakin dapat diandalkan, proporsi kecelakaan yang timbul akibat kesalahan pilot kian meningkat dan kini mencapai 50%. Pesawat terbang terdiri dari mesin-mesin kompleks yang memerlukan banyak pemeliharaan.

Karena pilot secara aktif terlibat dengan pesawat pada tiap tahap penerbangan, ada banyak kesempatan untuk terjadinya kesalahan, dari kegagalan untuk memprogram dengan benar flight-management computer (FMC) hingga salah hitung bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengangkat pesawat.

Meskipun kesalahan demikian patut disesali, penting untuk mengingat bahwa pilot berperan sebagai garis pertahanan terakhir saat terjadi suatu kesalahan besar.

Baca juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar