Sosok Perjalanan Karier Pierre Omidyar Menuju Kesuksesan

  • Fakta.News - 15 Feb 2018 | 09:15 WIB
Perjalanan Karier Pierre Omidyar Menuju Kesuksesan
Pierre Omidyar dan isteri sukses membesarkan eBay(Foto: achievement.org)

Jakarta – Pierre Omidyar tidak pernah menyangka sebelumnya untuk menjadi miliader, ketika dia membuat platform lelang online. Awalnya, dia hanya ingin membuat situs lelang yang menghubungkan penjual dan pembeli.

Namun tak disangka-sangka sebelumnya, saat ini situs lelang tersebut menjelma jadi salah satu e-commerce terbesar di dunia. Omidyar  sendiri menjadi kepala dari salah satu bisnis berbasis online yang paling populer, dan sangat menguntungkan dalam sejarah internet.

Omidyar lahir di Paris pada 21 Juni 1967, namun pindah ke Baltimore ketika ayahnya mulai bekerja di Johns Hopkins University Medical Center. Sejak itu, Omidyar tumbuh sebagai remaja yang dewasa sebelum waktunya, ia menjadi tertarik pada komputer dan kerap menyelinap keluar dari kelas olahraga untuk bermain dengan komputer saat SMA.

Alih-alih menghukum Omidyar karena membolos, kepala sekolah mempekerjakannya untuk menulis program komputer pencetak kartu katalog untuk perpustakaan sekolah dengan upah US$6 per jam. Memang jumlah tersebut tidak banyak, namun itu adalah awal dari segalanya.

Jiwa bisnisnya lebih terasah beberapa tahun kemudian. Saat menempuh gelar sarjana di bidang ilmu komputer di Tufts University, Omidyar membuat sebuah program, untuk membantu programmer Apple Macintosh mengelola memori. Dia menjualnya secara online sebagai “shareware,” yang meminta pengguna membayar untuk sistem tersebut, namun sejumlah hasil penjualannya hanya cukup untuk menutupi biaya kotak pos yang dia sewa untuk mengumpulkannya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar