Nina Nuraniyah Perempuan Desa Inspiratif di Bidang Pengelolaan Sampah

  • Fakta.News - 9 Apr 2018 | 13:08 WIB
Perempuan Desa Inspiratif di Bidang Pengelolaan Sampah
Nina Nuraniyah, sosok perempuan desa inspiratif yang mampu memengaruhi ibu-ibu untuk ikut peduli lingkungan(Foto: Dok. Pribadi)

Bogor – Sosok inspiratif yang bergerak di bidang pengelolaan sampah memang sudah banyak. Namun jumlahnya tetap saja masih jauh dari kata cukup untuk menyelamatkan lingkungan. Apalagi untuk yang berada di desa-desa.

Salah satu dari yang sedikit itu ada di Kampung Cisalopa, Desa Pasir Buncir, Caringin, Kabupaten Bogor. Seorang ibu muda, Nina Nuraniyah, telah mengubah pola pikir banyak ibu lainnya soal lingkungan, khususnya sampah.

Baca Juga: Aksi Heroik Satgas Pembersih Sampah Margasari Pulihkan Kondisi Perairan

Jika sebelumnya, warga di sana cuma sebatas membakar sampah, kini mulai berangsur berubah. Sedikit demi sedikit banyak warga, utamanya ibu-ibu, yang mulai mengikuti jejaknya sebagai pengolah sampah.

Kini, Nina bersama puluhan ibu-ibu, bergerak bersama mengolah kembali benda yang sebenarnya tidak layak digunakan lagi, menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi. Tak heran bila kemudian Nina diganjar sejumlah penghargaan.

Salah satunya adalah ia pernah masuk menjadi perempuan yang pernah masuk dalam 100 perempuan Inspiratif dari majalah Kartini pada 2011. Nina pun penerima Ashoka Youth Change Maker pada 2009.

BACA JUGA:

Tulis Komentar