Jack Ma Perjalanan Pendiri Alibaba, Berawal dari Guru yang Miskin hingga Miliarder Perusahaan Besar

  • Fakta.News - 10 Sep 2018 | 19:45 WIB
Perjalanan Pendiri Alibaba, Berawal dari Guru yang Miskin hingga Miliarder Perusahaan Besar
Pendiri Alibaba, Jack Ma.(Foto: Variety)

Jakarta – Kehidupan seseorang tak pernah bisa ditebak. Siapa yang mengira taipan Tiongkok, Pendiri Alibaba, Jack Ma memiliki masa lalu yang sangat berbeda sebelum menjelma jadi orang terkaya di negaranya dan orang kedua terkaya di Asia menurut Bloomberg Billionaires Index.

Jack Ma lahir pada 10 September 1964 di Provinsi Hangzhou. Ia lahir dari keluarga miskin yang menjadi korban dari revolusi kultural di China.

Tumbuh di kota Hangzhou, China, yang terkenal dengan tanah pertaniannya yang subur, Jack Ma justru mampu melakukan perubahan besar dengan menjadi founder perusahaan e-commerce paling sukses di dunia.

Pada usia 12 tahun, Jack Ma belajar bahasa Inggris sendiri. Selama delapan tahun, dia sengaja gowesnaik sepeda selama 40 menit setiap hari ke sebuah hotel di dekat distrik West Lake Hangzhou, agar bisa bertemu turis asing.

Di sanalah Jack Ma menawarkan diri menjadi pemandu turis, gratis, hanya untuk berlatih bahasa Inggris. Dia juga membeli radio sehingga ia bisa mendengarkan siaran bahasa Inggris setiap hari.

Pria berwajah lugu itu tidak pernah unggul dalam pelajaran matematika. Dia bahkan pernah gagal dua kali masuk ke perguruan tinggi di Tiongkok. Namun, setelah persiapan yang ketat, ia mencoba ikut tes yang ketiga kalinya dan akhirnya lulus dari Hangzhou Teachers Institute pada 1988.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar