Connect with us
Tips

Penting! 6 Etika dan Peraturan Saat Naik MRT

mrt

Jakarta – Rencananya, pada Maret 2019, warga DKI Jakarta sudah dapat menikmati layanan MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta. Itu artinya untuk pertama kali dalam sejarah 72 tahun Republik ini, ada kereta bawah tanah untuk melayani penumpang secara komuter.

Sebagai angkutan yang bakal happening, animo masyarakat dipecaya akan sangat besar pada MRT, terlebih bila nanti tarif yang dikenakan terbilang kompetitif dan pas dengan kocek kebanyakan warga.

Sebagai negara di Asia Tenggara yang baru akan memulai menggunakan kereta bawah tanah, ada etika yang harus dijaga oleh para pengguna jasa. Etika yang ada pun pastinya akan berbeda negara yang satu dengan yang lain.

Dilansir dari jakartamrt.co.id dan kabarpenumpang.com, berikut  beberapa tata cara atau etika khusus bagi para pengguna MRT yang mungkin bisa dicontoh oleh warga Jakarta nantinya.

1. Cara Menggunakan Tiket

Sebelum masuk ke gerbang tiket, kita harus memiliki tiket sebelumnya. Jangan sungkan untuk bertanya pada petugas agar tidak salah memakai tiket.

Untuk MRT Jakarta nantinya mestinya tidak akan ada kesulitan memahami rute, karena belum ada interchange station, dan tahap pertama MRT Jakarta baru melayani rute Lebak Bulus – Bunderan HI.

2. Berada di Baris yang Benar

Saat menunggu kereta MRT, kita sebaiknya ada di sebelah kanan saat berada di eskalator stasiun bawah tanah. Karena bila berada di sebelah kiri, justru akan mengganggu akses orang lain dan bisa dianggap menghalangi jalan mereka.

Baca juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

GAYA HIDUP

Studi: Tidur Siang Bermanfaat Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Oleh

Fakta News
tidur siang
Ilustrasi.

Jakarta – Menurut penelitian terbaru, tidur siang sama efektifnya dengan mengonsumsi pil untuk menurunkan tekanan darah. Para peneliti menemukan fakta bahwa mereka yang lebih sering tidur siang cenderung mengalami penurunan tekanan darah, dibanding orang dewasa yang tidak melakukannya.

Pedoman American Heart Association menyatakan, tekanan darah sistolik normal harus kurang dari 120 mm Hg. Dan pembacaan tekanan darah normal diastolik harus kurang dari 80 mm Hg.

Dari hasil pengujian yang melibatkan 212 orang dengan umur rata-rata 62 tahun, para peneliti Yunani menemukan bahwa tidur siang selama 45 menit, memangkas tekanan darah sistolik hingga 5 mm Hg.

Menurut para peneliti, hasil ini mirip dari yang didapat pasien ketika mengonsumsi pil penurun tekanan darah.

“Tidur siang menurunkan tingkat tekanan darah dalam jumlah yang sama dengan perubahan gaya hidup lainnya. Berdasarkan temuan kami, jika seseorang mendapat kemewahan untuk tidur siang, itu akan memberikan manfaat pada tekanan darah tingginya,” papar Dr Manolis Kallistratos dari Asklepieiom General Hospital.

“Tidur siang dapat dengan mudah dilakukan, bahkan tidak memerlukan biaya apa pun. Tidur sangat penting bagi kesejahteraan kita,” imbuhnya.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

GAYA HIDUP

Ketahui Berbagai Khasiat dan Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Oleh

Fakta News
yoghurt
Ilustrasi.

Jakarta – Yoghurt banyak yang menjadikannya sebagai menu diet yang sangat amat digemari. Yoghurt memiliki rasa asam yang khas, karena yoghurt merupakan fermentasi gula susu (laktosa) menjadi asam laktat, yang membuatnya mengental dan kenyal.

Saat ini banyak varian yoghurt dengan tambahan buah-buahan, sehingga tidak hanya manfaat yoghurt yang diperoleh namun manfaat buah-buahan sebagai pelengkapnya juga didapatkan. Apa sajakah itu? Berikut di antaranya:

1. Menurunkan tekanan darah

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi dua sampai tiga porsi yoghurt sehari dapat menurunkan tensi darah pada orang dewasa hingga 50%. Ini karena kandungan kalium yang dapat mengurangi natrium berlebih dalam tubuh.

2. Sebagai sumber protein baik

Yoghurt juga diketahui mengandung protein yang bermanfaat. Protein sendiri merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk menjalankan berbagai fungsi tubuh, termasuk menstabilkan tekanan darah.

Berbagai macam gangguan seperti sulit berpikir jernih, rapuhnya kuku, kulit dan rambut, dapat menghampiri jika tubuh kita sedang kekurangan protein.

3. Mengganti energi setelah berolahraga

Ketika Anda lelah dan lapar setelah berolahraga, yoghurt dapat dijadikan sebagai pilihan tepat untuk dikonsumsi. Kombinasi protein dan karbohidrat dalam yogurt mampu menggantikan energi yang habis saat berolahraga. Meski begitu, jangan lupa untuk minum segelas air setelah mengonsumsi yoghurt untuk mempercepat rehidrasi dalam tubuh.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

GAYA HIDUP

6 Film Inspiratif yang Ajarkan Menghasilkan Banyak Uang

Oleh

Fakta News
uang
The Pursuit of Happyness.

Jakarta – Bukan sekadar cerita, beberapa film ini mengajarkan tentang arti uang. Bagaimana sebuah uang bisa membuat seseorang melakukan segalanya, mengejar impian, bahkan mewujudkan kebahagiaan.

Selalu menghargai uang dan menghasilkan uang adalah hal wajib yang mesti dilakukan setiap orang. Apapun alasannya, semua orang punya satu tujuan saat berusaha menyimpan lebih banyak uang. Hal itu pula yang digambarkan dan di ajarkan pada 6 film ini.

Mau tahu film apa sajakah itu? Dilansir dari laman Luxatic, berikut 6 film terbaik sepanjang masa tentang cara menghasilkan uang yang banyak:

1. The Big Short (2015)

Krisis keuangan 2007 hingga 2008 menjadi alasan di balik pembuatan film ini. Film ini mengumpulkan beberapa aktor kenamaan seperti Christian Bale, Ryan Gosling, Steve Carell dan Brad Pitt. Meskipun bergenre drama, tapi film ini masih cukup bagus.

2. The Pursuit of Happyness (2006)

Dimainkan Will Smith yang berperan sebagai ayah tunggal namun miskin. Ia berjuang untuk merawat putranya dan mencari uang.

Film ini begitu emosional dan mencakup jalan Chris (diperankan oleh Will Smith), yang menghadapi kesulitan diusir dan tidur di kamar mandi kereta bawah tanah dan kebangkitannya setelah mendapatkan pekerjaan di perusahaan pialang. Will Smith menerima nominasi Oscar untuk Aktor Terbaik karena film ini.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya