Tol Salatiga-Bawen Ambrol?

  • Fakta.News - 30 Okt 2017 | 15:27 WIB
Tol Salatiga-Bawen Ambrol?

Klaim

Tol Salatiga Amrol.

Fakta

Bohong. Tol Salatiga aman untuk dilewati.

Sumber

Foto-dan-Berita-Hoax

Pesan hoaks tol Salatiga Amrol

Pesan hoaks yang satu ini benar-benar meresahkan orang yang sering melintas di jalan tol Bawen-Salatiga. Memajang foto mobil yang terjerembap karena ambrolnya jalan yang sedang dilewati. Foto itu diberi judul Tol Salatiga Ambrol.

Sekilas memang layak dipercaya, sebab pemandangan pedesaan di foto itu mirip seperti lanskap di sekitar jalan tol Bawen-Salatiga.  Namun, jika diamati, pelat nomor mobil yang terjerembab tersebut bukanlah pelat nomor Indonesia.

Dari hasil pencarian di Google images, ternyata foto itu berasal dari berita gempa bumi yang melanda Ekuador pada April 2016. Ketika itu, gempa berkekuatan 7,8 skala Richter meluluhlantakkan sebagian wilayah Ekuador. Ratusan orang terluka, kehilangan tempat tinggal, bahkan meninggal. Sejumlah fasilitas umum seperti ruas jalan tol juga rusak.

5828629

Gempa di Ekuador

Humas¬† PT Trans Marga Jateng (TMJ) Shintya Putranti, sebagai pengelola tol Salatiga langsung merespons kabar hoaks tersebut. ”Kami sudah telusuri dari GT (gerbang tol) Banyumanik sampai GT Bawen-Salatiga. Tidak ada kejadian seperti dalam foto yang beredar,” ujarnya.

Dia memastikan jalan tol Salatiga aman untuk dilewati. ”Dari foto, itu jelas bukan jalan tol Salatiga. Sebab, pengerasan yang kami lakukan tidak dengan aspal, tapi beton,” imbuhnya.

K.R

BACA JUGA:

Tulis Komentar