Ekonomi RAPBN 2019 Berpihak pada Rakyat Kecil

  • Fakta.News - 19 Ags 2018 | 18:30 WIB
RAPBN 2019 Berpihak pada Rakyat Kecil
Presiden Joko Widodo.(Istimewa)

Jakarta – Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau RAPBN 2019 pemerintahan Joko Widodo dianggap berpihak pada rakyat kecil. Ini terlihat dari program-program dan dana yang dialokasikan untuk rakyat kecil.

Menurut anggota Komisi XI DPR, Mukhamad Misbakhun, RAPBN 2019 senilai Rp2.439,7 triliun itu sangat menunjukkan komitmen pemerintahan Joko Widodo terhadap rakyat kecil. “Sangat kelihatan kesinambungan pemerintah dalam berpihak kepada 40 persen masyarakat kecil yang memang harus diangkat derajat kehidupannya,” ujarnya, Sabtu (18/8).

Ini terlihat dari program-program prorakyat yang tidak dipangkas oleh pemerintah. Bahkan, anggaran pendidikan, kesehatan, dan dana desa justru ditingkatkan pada 2019 mendatang.

Misbakhun menambahkan, program-program itu memperlihatkan komitmen dan keseriusan pemerintah dalam meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Indonesia. Program tersebut juga bakal meningkatkan indeks pembangunan manusia dan menekan angka kemiskinan.

Baca Juga:

Politikus Partai Golkar ini menilai, RAPBN 2019 juga memperlihatkan bahwa Presiden Jokowi bakal melunasi janji-janji kampanye yang ia utarakan di Pemilihan Presiden 2014.

Selain itu, pemerintah juga terus menuntaskan program infrastruktur yang menjadi janji kampanye. Total alokasi dana mencapai Rp420 triliun.

Infrastruktur nantinya akan meningkatkan konektivitas dan menghasilkan potensi ekonomi baru di daerah-daerah lain. Otomatis, disparitas ekonomi di seluruh wilayah Indonesia akan mengecil dengan adanya konektivitas itu.

“Pemerintah ingin menyelesaikan dengan tuntas program infrastruktur di lima tahun pertama kepemimpinan Presiden Jokowi,” ujarnya lagi.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar