PHM Latih Masyarakat Pesisir Kukar Kelola Bank Sampah

  • Fakta.News - 14 Sep 2018 | 21:16 WIB
PHM Latih Masyarakat Pesisir Kukar Kelola Bank Sampah
ilustrasi

Balikpapan – PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), selaku operator Wilayah Kerja Mahakam sejak 1 Januari 2018 dengan dukungan SKK Migas, senantiasa peduli pada pelestarian lingkungan dan terus mendukung berbagai program Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk pembangunan lingkungan berkelanjutan yakni Kaltim Hijau (Kaltim Green).

Hal itu antara lain diwujudkan dalam pengiriman studi banding bagi masyarakat di Kelurahan Senipah (Kecamatan Samboja) dan Kelurahan Sei Meriam (Kecamatan Anggana) semuanya di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, yang akan mengelola bank sampah. Mereka dibawa melihat langsung pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Manggar (Kota Balikpapan). Dilanjutkan dengan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Dau, di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Di TPA Manggar yang pernah mendapat predikat terbaik untuk Indonesia bagian timur. Senin (10/09 ) para peserta yang berjumlah 21 orang, melihat bagaimana penerapan metode pengolahan sampah sanitary landfill yang aman dan tidak membahayakan lingkungan sekitar. Penjelasan disampaikan oleh Tonny Hartono, SKM yang merupakan Kepala UPT Pemrosesan Akhir Sampah di TPA tersebut. Selama beberapa jam para peserta mendengarkan pemaparan sekaligus melihat langsung pengelolaan sampah di sana.

Tony juga menjelaskan sejak adanya Perda Pemerintah Kota Balikpapan mengenai larangan penggunaan kantong plastik, Dampaknya positif terhadap penurunan jumlah sampah plastik yang masuk ke TPA Manggar. Hal ini juga sejalan dengan “Diet Plastik” yang dilancarkan PHM. Yakni meminimalkan pengunaan plastik sekali pakai di wilayah kerja PHM, baik di kantor maupun lapangan operasi.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar