Politik Sigi LIPI: 45,8% Pemilih PAN dan 53,3 Pemilih Demokrat Ingin Jokowi Dua Periode

  • Fakta.News - 20 Jul 2018 | 07:00 WIB
Sigi LIPI: 45,8% Pemilih PAN dan 53,3 Pemilih Demokrat Ingin Jokowi Dua Periode

Jakarta – Hasil sigi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI menunjukkan hasil yang mencengangkan. Pemilih Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat malah memilih Presiden Joko Widodo ketimbang Prabowo Subianto. PAN dan Demokrat sampai saat ini masih bersikap abu-abu terkait capres yang didukung.

Berdasarkan sigi LIPI, 45,8 persen pemilih PAN masih menginginkan Jokowi memimpin Indonesia hingga 2024. Sebanyak 53,3 persen pemilih Partai Demokrat pun menginginkan hal yang sama. Sementara itu, sisanya menginginkan Prabowo Subianto, Ketua Umum Partai Gerindra sebagai capres.

“Hasil ini menunjukkan, grassroot pemilih dua partai ini (PAN dan Demokrat) lebih banyak mendukung Pak Jokowi ketimbang Pak Prabowo,” jelas Syamsuddin Haris, peneliti senior LIPI, Kamis (19/7).

Haris menambahkan, angka hasil survei ini bisa berubah. Tergantung siapa pasangan masing-masing calon presiden di Pemilihan Presiden 2019. Dari hasil sigi, pemilih justru lebih tertarik pada sosok tokoh ketimbang partai.

“Pertimbangan pemilih cenderung kepada tokoh daripada partai saat ini,” imbuhnya.

Sigi LIPI ini dilakukan pada 19 April-5 Mei 2018. LIPI menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden keseluruhan 2.100 orang. Pengumpulan datanya sendiri dengan metode wawancara tatap muka dengan margin of error sebesar 2,14 dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar