Politik Nawacita Program Jangka Panjang, Diciptakan untuk Jokowi Dua Periode

  • Fakta.News - 14 Sep 2018 | 19:09 WIB
Nawacita Program Jangka Panjang, Diciptakan untuk Jokowi Dua Periode
Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.(Istimewa)

Jakarta – Program Nawacita yang diinisiasi pemerintahan Joko Widodo pada awal kepemimpinannya, 2014 silam, merupakan program jangka panjang. Oleh karena itu, program ini memang diciptakan untuk selesai dikerjakan di periode kedua kepemimpinan Jokowi.

Hal tersebut diungkapkan juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin Irma Suryani Chaniago di acara diskusi “Mengintip Visi Misi Capres dan Cawapres” di Jakarta, Jumat (14/9).

“Jadi beberapa program Nawacita yang belum terselesaikan akan diselesaikan pada periode kedua. Karena Nawacita program jangka panjang, maka Jokowi harus dua periode untuk menyelesaikan Nawacita kedua,” kata Irma di Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018).

Dalam kesempatan itu, Ketua DPP Partai NasDem juga menjelaskan rencana pembangunan Presiden Jokowi pada 2019. Nah, pada 2019 nanti, pemerintahan Jokowi akan fokus di lima pembangunan.

Pertama, jelas Irma, pemerintahan Jokowi akan melakukan pembangunan sumber daya alam. Pembangunan ini melalui pengurangan angka kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar.

Kedua, pemerintah akan melanjutkan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas antarwilayah. Ini juga untuk meningkatkan kemaritiman Indonesia. Melalui pembangunan ini, diharapkan kesenjangan wilayah di Indonesia bisa teratasi.

“Ketiga, peningkatan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja melalui pertanian, industri, dan pariwisata. Keempat, pemantapan tenaga energi pangan dan sumber daya air. Kelima, stabilitas ketahanan nasional dan suksesnya perlindungan. Itu jadi program kita di 2019,” tutur Irma.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar