Connect with us

Milad ke-43 Masjid Istiqlal, Wapres Ma’ruf Launching Program New Istiqlal

Wapres Ma'ruf Amin

Jakarta – Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menyatakan Masjid Istiqlal meerupakan kebangaan umat muslim Indonesia. Masjid ini telah berdiri kokoh sejak 1978 silam dan menjadi simbol peradaban Islam Indonesia.

Menurut Wapres Masjid Istiqlal selama ini telah berfungsi sebagai masjid dalam makna tradisional, bahkan telah menunjukan fungsi sosial dan politiknya dalam perjalanan bangsa.

Hal ini disampaikan Wapres KH Ma’ruf Amin dalam sambutannya di Milad ke-43 Masjid Istiqlal sekalgius melaunching Program New Istiqlal secara virtual.

Milad ke-43 Masjid Istiqlal (22 Februari 1978-22 Februari 2021) dengan mengusung tema Memberdayakan Umat Untuk Kemajuan Bangsa ini digelar secara daring dan luring dari Masjid Istqlal Jakarta dan disiarkan melalui kanal Masjid Istiqlal TV.

“Kini di tahun 2021 Masjid Istiqlal telah menyelesaikan renovasi secara besar-besaran sejak pertama kali dibangun pada 1978. Masjid Istiqlal telah berdiri mewah dan megah di jantung Ibukota Jakarta,” kata Wapres, Senin (22/2/2021) malam.

“Saatnya kini Istiqlal mengembangkan perangkat lunaknya untuk menjadikannya sebagai pusat gagasan dan gerakan pembangunan peradaban serta budaya Islam di Indonesia,” sambungnya.

Wapres juga mengparesiasi atas rencana dibangunnya terowongan yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katederal sebagai representasi umat Nasrani yang menjadi simbol kerukunan dan kebhinekaan Indonesia.

“Saya berharap peran dan kontribusi Istqilal sebagai masjid negara, dalam memberikan contoh kepada masjid lainnya, utamanya dalam menebarkan kesejukan dan kedamaian, merawat harmoni dan keutuhan dengan konsisten dakwah yang wasatiyah rahmatan lil alamin menuju Indonesia yang lebih maju,” tandas Wapres.

Tampak hadir dalam Milad ke-43 Masjid Istiqlal, para menteri Kabinet Indonesia Maju, para duta besar negara sahabat, para pemimpin rumah ibadah dan tokoh agama dan undangan lainnya. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam kesmepatan terebut diwakili Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

“Selamat Milad ke-43 semoga ke depan seluruh pengurus dan jajaran badan pengelola mampu mewujudkan Masjid Istqilal menjadi majsid negara yang menjadi kiblat mesjid di Tanah Air,” ujar Wapres.

Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar menambahkan, pada 7 Januari 2021 lalu Presiden Jokowi telah meresmikan renovasi besar-besaran mesjid istqilal.

“Kita sangat berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo karena 43 tahun Masjid Istiqlal berdiri baru kali pertama ini tersentuh renovasi. Sekarang Istqilal tidak hanya menjadi masjid yang begitu megah dan terang tetapi juga terdapat perubahan dari struktur kepengurusan yang berdasarkan Keputusan Presiden,” kata Nasaruddin.

“Melalui Kepres yang mengangkat langsung Imam Besar dan pengaturan masjid, Insya Allah Masjid Istiqlal ke depan mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan dunia Islam,” sambungnya.

Ia menambahkan, terdapat 41 program dari new Istiqlal yang dilaunching Wapres KH Ma’ruf Amin, di antaranya Majelis Mudzakarah dengan menghimpun para ulama besar, pengkaderan ulama perempuan, pusat wisata religi, pusat moderasi beragama dan program lainnya.

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Kepri, dan Bengkulu

Oleh

Fakta News

Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Mahyeldi dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatra Barat (Sumbar), Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wagub Kepulauan Riau (Kepri), serta Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah sebagai Gubernur dan Wagub Bengkulu, Kamis (25/02/2021) pagi, di Istana Negara, Jakarta.

Acara pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden kepada masing-masing Calon Gubernur dan Calon Wagub di Istana Merdeka dengan penyesuaian terhadap protokol kesehatan.

Usai penyerahan petikan SK, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin serta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bersama ketiga pasangan Calon Gubernur dan Calon Wagub melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara untuk selanjutnya dilakukan Upacara Pelantikan.

Berbeda dengan sebelumnya, di masa pandemi ini Kirab dilakukan dengan jumlah barisan pasukan yang lebih sedikit, yaitu hanya dengan empat orang personil.

Upacara pelantikan diawali dengan kumandang lagu kebangsaan Indonesia Raya diikuti dengan pembacaan Keppres Nomor 40P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024 yang berlaku sejak saat pelantikan.

Usai pembacaan Keppres, kemudian dilakukan pengambilan sumpah jabatan ketiga pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur/sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Upacara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada kedua pasangan kepala daerah yang telah dilantik oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin diikuti foto bersama dengan masing-masing pasangan Gubernur dan Wagub.

Hadir dalam kesempatan ini antara lain Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Selengkapnya

BERITA

Latihan Dasar CPNS, Ganjar Tawari CPNS Kabupaten atau Kota Untuk Magang Dengannya

Oleh

Fakta News

Semarang – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menawarkan peserta Latihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kota Tahun 2021 untuk magang bersamanya. Tawaran langka ini dibuka oleh Ganjar untuk lima hingga sepuluh CPNS di kabupaten dan kota pada Provinsi Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat memberikan materi jam pimpinan via daring pada acara Latihan Dasar (Latsar) CPNS Kabupaten Kota tahun 2021, di rumah dinasnya, Kamis (25/2/2021). Ganjar mengatakan bila menjadi PNS maka harus siap jadi pelayan rakyat.

“Teman-teman selamat datang, anda akan bergaul dengan sistem yang tidak mudah. Maka dalam sebuah organisasi perlu kiranya teman-teman punya satu cita-cita, punya visi dan setting agenda,” ucap Ganjar usai membuka Latsar CPNS secara daring.

Dalam kesempatan itu, Ganjar sempat berinteraksi dengan para peserta Latsar melalui forum chat. Ganjar bertanya, apa saja persoalan yang menyebalkan berkaitan dengan pemerintahan.

Sebagian dari peserta Latsar mengatakan hal yang menyebalkan yakni tentang lambatnya birokrasi, korupsi, pelayanan yang lambat, jam pelayanan yang molor, gratifikasi dan pungli.

Merespon hal itu, Ganjar memberikan apresiasi kepada peserta Latsar yang menjawab pertanyaanya. Ia kemudian menceritakan bahwa dalam masa kepemimpinannya, tak sedikit pejabat eselon yang dipecat karena berkaitan dengan persoalan-persoalan itu.

“Mumpung anda baru mulai masuk, tanamlah dan peganglah dengan konsisten (visinya). Siap jadi babunya rakyat? apakah anda siap diinjak-injak oleh rakyat? apakah anda semua siap untuk dikritik oleh rakyat? anda dicaci maki oleh rakyat?,” tegas Ganjar.

Sejurus dengan rentetan pertanyaan itu, Ganjar memberikan tawaran kepada para peserta Latsar CPNS untuk magang kepadanya.

“Kira-kira kalau saya tanya gini, siapa di antara anda yang nanti kalau ada kesempatan magang, pengin magang sama pak gubernur?,” tanya Ganjar yang kemudian mendapatkan respon positif dalam forum chat.

Bukan tanpa alasan, lanjut Ganjar, tawaran ini diberikan karena dirinya ingin memiliki Kader PNS di Kabupaten Kota dengan integritas tinggi, progresif namun tetap menjunjung ideologi bangsa.

“Saya ingin mengkader betul-betul, ada PNS masa depan, PNS milenial, dengan gaya pikiran yang progresif tapi tetap santun, tetap menjaga nilai-nilai kebangsaan, nilai pancasila, pluralisme, menjaga integritas, wah itu akan sangat luar biasa,” tegasnya.

Membaca isi forum chat, Ganjar lantas meminta pada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah. Arief Irwanto agar memilih lima hingga sepuluh peserta Latsar CPNS di Kabupaten dan Kota untuk bisa magang dengannya.

“Boleh dong temen-temen ya, dari BPSDMD pak Arif, saya kepengin nanti di antara beberapa ini boleh magang ke saya. Saya akan berikan seterbuka mungkin dari beberapa orang, mungkin boleh lima atau sepuluh orang, silahkan magang ke saya,” ucap Ganjar.

Baca Selengkapnya

BERITA

Pramono Anung Lantik Fadhlansyah Lubis Jadi Wakil Seskab

Oleh

Fakta News
Seskab Pramono Anung melantik Fadhlansyah Lubis menjadi Waseskab, di Gedung 3, Kemensetneg, Jakarta, Kamis (25/02/2021)

Jakarta – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung melantik Fadhlansyah Lubis menjadi Wakil Sekretaris Kabinet (Waseskab), Kamis (25/02/2021), siang, di Ruang Rapat Lantai 2, Gedung 3, Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta. Pelantikan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara pelantikan diawali dengan kumandang lagu Indonesia Raya dan Mars Sekretariat Kabinet dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres). Pelantikan ini berdasarkan Keppres Nomor 25/TPA Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dari dan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Sekretariat Kabinet.

“Memutuskan mengangkat saudara Dr. Fadlansyah Lubis, S.H., LL.M. sebagai Wakil Sekretaris Kabinet terhitung sejak tanggal pelantikan dan kepadanya diberikan tunjangan jabatan struktural eselon 1.a sesuai peraturan perundang-undangan,” bunyi petikan Keppres yang ditetapkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Jakarta pada tanggal 11 Februari 2021.

Usai pembacaan Keppres, dilakukan pengambilan sumpah jabatan Fadhlansyah Lubis sebagai Waseskab yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan di hadapan Seskab dan saksi Deputi Seskab Bidang Dukungan Kerja Kabinet Thanon Aria Dewangga dan Deputi Seskab Bidang Administrasi Farid Utomo.

Sebelum dilantik menjadi Waseskab, Fadhlansyah Lubis mengemban jabatan sebagai Deputi Seskab Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.

Baca Selengkapnya