Connect with us

Pemerintah Putuskan Akan Menghapuskan Dualisme di Batam

Dualisme di Batam harus dihapuskan demi pengembangan

Jakarta – Bicara soal pengembangan Pulau Batam berarti bicara juga soal dualisme. Dalam Rapat Terbatas (Ratas) yang membahas tentang Pengembangan Pulau Batam di Jakarta, Rabu (12/12) siang tadi pun pemerintah menyampaikan niatnya untuk menghapuskan dualisme di Batam.

Hal ini tak terlepas dari banyaknya informasi dan masukan dari dunia usaha terkait dualisme di Batam. Ditambah dengan keterangan dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu), pemerintah pun memutuskan akan menghapuskan dualisme tersebut dengan mengalihkan kewenangan yang selama ini melekat pada Badan Pengusahaan (BP) Batam kepada Pemerintah Kota Batam.

“Tadi Presiden dan Wapres memutuskan dualisme itu harus segera dihilangkan. Itu berarti hanya ada satu, enggak boleh dua. Segera hilang,” kata Menko Perekonomian Darmin Nasution, di Jakarta, Rabu (12/12).

Baca Juga:

Darmin kepada wartawan usai mengikuti Rapat Terbatas tentang Pengembangan Batam, di kantor Presiden, tersebut mengatakan pemerintah menaruh perhatian lebih pada potensi yang belum maksimal tergali. Untuk itu, permasalahan soal dualisme di sana dinilai sangat penting untuk diselesaikan.

Artinya, lanjut Menko Perekonomian, untuk jalan cepatnya, kewenangan sebagai BP Batam sebagai tangan pemerintah di daerah itu akan dilaksanakan. Jadinya akan dirangkap oleh Walikota Batam. “Sehingga jadi satu dia tangannya, enggak dua,” sambung Darmin kembali.

Mengenai masalah perizinan, menurut Menko Perekonomian, dari sekarang pun sudah ada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di sana. Kalau sekarang masih ada 2 lantai, menurut Darmin, nantinya mungkin jadi satu lantai.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Sejumlah Jalan di Jakarta Tergenang Banjir, Pengendara Diminta Hati-Hati

Oleh

Fakta News
(Foto: twitter @tmcpoldametro

Jakarta – TMC Polda Metro Jaya menginformasikan ruas jalan yang terendam banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya pagi ini. Tinggi genangan itu pun bervariasi.

TMC Polda Metro Jaya melalui akun Twitter resmi mereka, @TMCPoldaMetro, Selasa (25/2/2020) per pukul 09.00 WIB, menyebut sejumlah jalan tergenang banjir pagi ini. Pengendara diminta berhati-hati.

“Agar hati-hati apabila sedang melintas,” bunyi imbauan TMC Polda Metro Jaya.

Berikut adalah ruas jalan yang terendam banjir:

  1. Jl. Swadaya, Kel. Cempaka Baru, Kec. Kemayoran, Jakarta Pusat, 60 cm.
  2. Jl. Satria Raya, Grogol, Jakarta Barat, 30-50 cm.
  3. Jl. Pluit Raya, Jakarta Utara, 30-40 cm.
  4. Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat, 30-40 cm.
  5. Jl. DI. Panjaitan, Kebon Nanas, Jakarta Timur, 20-40 cm.
  6. Underpass Jl. DI Panjaitan, Jakarta Timur, 100 cm, diberlakukan pengalihan arus lalin.
  7. Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, 40-50 cm.
  8. Jl. Rawadas, Pondok Kopi, Jakarta Timur, 30-40 cm.
  9. Jl. Salemba Raya, di depan Kampus Universitas Indonesia, Jakarta Pusat, 20-40 cm.
  10. Jl. Jatiwaringin Raya, di depan Toyota, 40-50 cm.
  11. Jl. Jend. Sudirman, di depan Kampus Atmajaya, Jakarta Selatan, 20-30 cm.
  12. Jl. Pemuda, di depan Arion Jakarta Timur, 50 cm.
  13. Jl. Mabes Hankam, Jakarta Timur, 90 cm.
  14. Jl. Swadarma Raya, Jakarta Selatan (arah ke Joglo), 50 cm.
  15. Jl. S. Parman, Jakarta Barat, di depan Mal Ciputra sementara Tomang arah ke Grogol lalin dialihkan.
  16. Jl. Soepomo, Jakarta Selatan, di depan Univ. Sahid Pancoran arah ke Manggarai lalin padat.
  17. Jl. Daan Mogot Jakbar arah Pesing, 30 cm.
  18. Jl. Tendean, Jakarta Selatan, 30-50 cm.
  19. Kolong Jembatan Cakung-Cilincing, Jakarta Timur, 60 cm.
  20. Jl. Suprapto, Kampung Makassar, Jakarta Timur, 40-70 cm.
  21. Jl. Bendungan Hilir Raya, Jakarta Pusat, 30-60 cm.
  22. Jl. Raya Pondok Gede, Molek, Jakarta Timur, 30-90.

 

Munir

Baca Selengkapnya

BERITA

Jakarta Dilanda Banjir, Istana hingga Sarinah Ikut Tergenang

Oleh

Fakta News
(Foto: setpres)

Jakarta – Hujan mengguyur Jakarta sejak malam hari hingga dini hari tadi. Sejumlah kawasan di Jakarta dan sekitarnya dilanda banjir pada Selasa (25/2/2020) pagi hari.

Akibatnya genangan melanda Istana Kepresidenan, Jakarta. Genangan air nampak sampai ke Masjid Baiturrahim, kompleks Istana Kepresidenan di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Kondisi Istana Kepresidenan yang tergenang air ini terlihat lewat video petugas Istana. Dua petugas menyapu air di lorong kawasan dalam Istana dengan kaki mereka. Air setinggi mata kaki.

Nampak halaman Masjid Baiturrahim tergenang air. Lantai yang hijau dan bebatuan masih terlihat, karena genangan air relatif jernih.

Tak hanya itu, Bundaran Patung Kuda dekat Monas juga tergenang banjir. CCTV Bali Tower yang menunjukkan sisi Jalan Medan Merdeka Barat depan Gedung Sapta Pesona nampak tak tergenang air meski jalanan terlihat basah.

Terpantau dari CCTV Bali Tower, Selasa (25/2/2020) pukul 08.20 WIB pagi, mobil yang melintas nampak menumpahkan air ke sisinya, tanda jalanan tergenang.

Sementara itu Jalan MH Thamrin di depan Sarinah dilaporkan juga mengalami banjir. Pengendara diminta hati-hati melintasi lokasi.

TMC Polda Metro Jaya menginformasikan banjir terjadi pada Selasa (25/2/2020) sekitar pukul 07.38 WIB. Hanya lajur paling kanan yang dapat dilintasi.

“07:38 #Banjir di depan Sarinah Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat, sementara hanya lajur yang paling kanan yang dapat dilintasi,” tuilis TMC Polda Metro Jala melalui akun Twitter resminya, @TMCPoldaMetro.

Sementara itu perempatan Sarinah menuju Jalan Wahid Hasyim juga tergenang hingga 30 cm. TMC Polda Metro Jaya mengimbau pengendara untuk berhati-hati saat melintas.

“07:34 #Banjir 20-30 cm di Perempatan Sarinah Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat menuju Jl. Wahid Hasyim, agar hati-hati bila sedang melintas,” jelas TMC Polda Metro Jaya.

 

Adn

Baca Selengkapnya

BERITA

Akan Dikunjungi MPR, DPR dan DPD, Menko Polhukam Pastikan Kondisi Papua Aman

Oleh

Fakta News
Menko Polhukam Mahfud MD

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD memastikan, kondisi di Papua aman pada saat kunjungan kerja MPR, DPR, dan DPD pada bulan Maret mendatang. Hal ini disampaikan Mahfud setelah menggelar rapat dengan MPR di ruang GBHN, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020).

“Ini bukan soal pengungsi nih. Ini ketua DPR, ketua DPD, ketua MPR mau kunker ke Papua, ya sudah kondusif tadi laporan kesiapan dari daerah dari semua birokrasi kondusif bagus,” kata Mahfud.

Ia mengatakan, salah satu agenda kunjungan kerja yakni DPR memastikan persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang akan digelar di Papua.

“Ya soal persiapan PON dan lain-lain, jadi kita koordinasi saling memberi tukar informasi, dan memberi bekal,” ujar dia.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar rapat kerja dengan Mahfud MD di ruang GBHN, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (24/2/2020). Ketua MPR Bambang Soesatyo mengatakan, rapat kerja bersama Menko Polhukam akan membahas mengenai penyelesaian konflik yang terjadi di Papua.

“Hari ini (Senin, red) kami mengundang para pihak yang terkait penyelesaian Papua, yang pertama kami ingin mendapat laporan terkait keamanan politik dan sosial,” kata Bambang.

Rapat kerja juga akan dihadiri Pimpinan DPR dan DPD. Sebab, Pimpinan MPR, DPR, dan DPD, akan berkunjung ke Papua pada awal Maret.

“Kami pimpinan MPR, DPR, dan DPD akan berkunjung ke papua tanggal 2 Maret sampai tanggal 5 untuk memastikan masalah keamanan, karenanya (kami) mendengar laporan tentang keamanan,” ujar dia.

 

Mujafi

Baca Selengkapnya