Mahfud MD, Negarawan Haus Pengetahuan dan Penggemar Diskusi

  • Fakta.News - 5 Mei 2018 | 14:45 WIB
Mahfud MD, Negarawan Haus Pengetahuan dan Penggemar Diskusi

Jakarta – Nama Mahfud MD, kini kian mengemuka. Kendati sudah tak lagi memegang jabatan sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), namun sang pakar hukum tata negara asal Madura ini, semakin aktif berdiskusi dengan berbagai kalangan, baik di forum resmi maupun di berbagai media sosial.

Seperti diketahui, Mahfud sudah menjalani berbagai macam jabatan, mulai dari dosen, eksekutif, legislatif, hingga yudikatif. Terakhir, ia jadi Ketua MK. Mahfud MD mendudukinya secara beruntun dalam jejak kariernya.

Mahfud MD lahir di Sampang, Madura, 13 Mei 1957 dari pasangan Mahmodin dan Suti Khadidjah. Inisial MD dibelakang namanya berasal dari nama ayahnya karena saat di SMP ada dua orang anak mempunyai nama yang sama bernama Mahfud, maka untuk membedakannya ditambahkan MD.

Sejak kecil Mahfud menempuh dua jenis pendidikan, pendidikan agama dan umum. Pagi hari belajar umum di sekolah dasar dan sore harinya sekolah agama di madrasah. Lulus dari SD, Mahfud melanjutkan pendidikan ke Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), di Pamekasan, Madura dan dilanjutkan ke Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) selama tiga tahun di Yogyakarta.

Setelah lulus pendidikan setingkat SMA, Mahfud melanjutkan ke dua perguruan tinggi sekaligus. Dia mengambil Jurusan Sastra Arab di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Jurusan Hukum Tata Negara Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta.

  • Halaman :
  • 1
  • 2
  • 3

BACA JUGA:

Tulis Komentar