Investasi Investor Luar Negeri Kian Banyak di Era Pemerintahan Jokowi

  • Fakta.News - 13 Mar 2018 | 11:47 WIB
Investor Luar Negeri Kian Banyak di Era Pemerintahan Jokowi
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima 21 duta besar negara-negara Uni Eropa di ruang rapat utama Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Senin (12/3). (Foto: Istimewa)

Jakarta – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menunjukkan data bahwa di bawah pemerintahan Presiden Jokowi, investasi dari negara-negara Uni Eropa seperti Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Polandia, Denmark, dan Swedia tumbuh pesat. Tak hanya negara-negara lama, sejumlah negara baru pun kian banyak yang berani menanamkan modalnya di Indonesia.

Data tersebut menjelaskan negara-negara yang sudah berinvestasi cukup besar kian menambah angka investasinya. Sementara negara-negara yang dulunya hanya menanamkan modal dalam jumlah kecil, pada 2017 lalu melipatgandakan jumlah investasinya.

Baca Juga: 

Saat ini, foreign direct investment (FDI) atau investasi langsung luar negeri dari negara-negara Uni Eropa merupakan terbesar kedua di Indonesia. Uni Eropa juga menjadi partner dagang keempat terbesar Indonesia.

Hal ini diamini Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang mengaku selalu memberikan jaminan keamanan kepada mereka yang berniat melakukan penanaman modal atau investasi di Indonesia. Jaminan tersebut biasa ia sampaikan dalam kesempatan menerima tamu-tamu negara sahabat.

“Itu saya lakukan sejak masih menjabat Panglima TNI. Kini, sebagai Kepala Staf Kepresidenan, saya memiliki akses yang semakin luas untuk bisa menjamin stabilitas ekonomi dan politik,” kata Moeldoko, saat menerima 21 duta besar negara-negara Uni Eropa di ruang rapat utama Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Senin (12/3) kemarin.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar