Indonesia dan Korsel Jajaki Kerjasama Kembangkan Teknologi UKM

  • Fakta.News - 16 Apr 2018 | 17:55 WIB
Indonesia dan Korsel Jajaki Kerjasama Kembangkan Teknologi UKM
Pertemuan Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia dengan Kementerian UKM dan Startups Korsel(Foto: Kemenkop)

Jakarta – Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menyatakan, saat ini sektor industri sudah memasuki era industri 4.0, termasuk untuk para UKM di Indonesia. Kemenko dan UKM pun telah menjalin kerjasama dengan Korea Selatan (Korsel).

Kerjasama yang dimaksud Meliadi tersebut adalah membentuk Pusat Pertukaran Teknologi atau The Indonesia-Korea The Indonesia-Korea Technology Exchange (IKTEC).

“UKM kita akan menuju ke arah industri 4.0. Maka, peran teknologi UKM di Indonesia akan kami tingkatkan dengan mengaplikasikan teknologi dari Korea dalam mengembangkan usahanya,” kata Meliadi dalam acara peresmian kerjasama IKTEC, di Jakarta, Senin (16/4).

Baca Juga: Indonesia-Korsel Tingkatkan Inovasi di Bidang UKM

Acara tersebut dihadiri Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta dan Staf Ahli Menteri Koperasi dan UKM, Hasan Jauhari.

Sementara itu, dari pihak Korsel, dihadiri Park Dong Cheol (Direktur Umum, Kementerian UKM dan Startups Korea), Kim Chang Beom (Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia), Yangtaek Moon, (Atase Komersial, Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia), Kim Jungho (Asisten Manajer ASEIC), dan Sung Myung Ki (Chairman, INNOBIZ Korea).

Menurut Meliadi, kerjasama ini sangat strategis. Pasalnya, hal ini sejalan dengan arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar UKM Indonesia masuk ke era industri 4.0.

“Kami akan mengajak UKM muda kita, termasuk bisnis start-up dan generasi milenial untuk memanfaatkan pertukaran teknologi dengan Korea ini. Saya yakin, kerjasama ini akan saling menguntungkan kedua negara dalam mengembangkan UKM,” imbuh Meliadi.

BACA JUGA:

Tulis Komentar