Malaysia Enam Orang Terduga Kasus 1MDB Diselidiki Pemerintah Swiss

  • Fakta.News - 10 Jul 2018 | 20:06 WIB
Enam Orang Terduga Kasus 1MDB Diselidiki Pemerintah Swiss
Najib Razak diperiksa di pengadilan Malaysia(Foto: Reuters)

Jakarta – Diduga terkait penyuapan dan pencucian uang 1 Malaysia Development Berhad (1MDB), pemerintah Swiss tengah menyelidiki enam orang terduga kasus 1MDB.

Keenam orang terduga tersebut, terdiri dari 2 mantan pejabat 1MDB, 2 eks pejabat dari lembaga finansial Abu Dhabi, dan 2 pejabat di perusahaan energi Petrosaudi. Seperti dilansir Reuters, Selasa (10/7/2018), mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak tidak termasuk dalam daftar tersebut.

Hal ini disampaikan oleh kantor jaksa Swiss. Pernyataan tersebut, dikeluarkan setelah Jaksa Agung Swiss Michael Lauber bertemu dengan Jaksa Agung Malaysia Tommy Thomas di Kuala Lumpur, Malaysia terkait pengungkapan terduga kasus 1MDB.

Baca juga:

Terkait kasus suap dan korupsi 1MDB itu, memang tidak hanya menjadi objek penyelidikan di Malaysia tapi juga di beberapa negara lain. Selain Swiss, Amerika Serikat (AS) juga sedang melakukan investigasi atas kasus ini. Departemen Kehakiman AS menyebut, Najib menerima uang US$700 juta dari 1MDB dan total dana yang disalahgunakan mencapai US$4,5 miliar.

Seperti diketahui, Najib sendiri telah ditangkap belum lama ini karena dinilai menjadi terduga utama kasus tersebut. Namun, dia dibebaskan setelah orang-orang terdekatnya membayar jaminan.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar