Parlemen DPR Apresiasi Seni ‘Grebeg Pring Urip’ Pecahkan Rekor ORI

  • Fakta.News - 14 Sep 2018 | 21:55 WIB
DPR Apresiasi Seni ‘Grebeg Pring Urip’ Pecahkan Rekor ORI
ilustrasi

Magetan – Anggota Komisi VI DPR RI Sartono Hutomo mengatakan industri pariwisata merupakan salah satu komoditi yang paling mudah menghasilkan devisa. Sartono menyebutkan contoh seni budaya yang menarik wisatawan mancanegara adalah seni Grebeg Pring Urip yang digelar selama tujuh hari di Lapangan Desa Ringinagung, Kecamatan/Kabupaten Magetan, Jawa Timur yang dibuka pada Jumat, 7 September 2018 lalu.

Menurut politikus Partai Demokrat ini. Pentas kebudayaan yang seluruh ornamennya bernuansa kayu dari pohon bambu atau dalam bahasa Jawa disebut PRING tersebut mampu memecahkan rekor Indonesia dari Original Recor Indonesia (ORI). Dengan kategori Menyusun Caping Terbanyak Dengan Bentuk Gunungan Terbesar di Indonesia.

Adapun caping (topi terbuat dari bambu) yang memecahkan Rekor Indonesia itu sejumlah 1.440 biji dengan bentuk gunungan tiga dimensi setinggi 7.5 meter dan diameter terbesar selama ini.

“Kami apresiasi kesenian yang bernilai tinggi ini. Karena itu kita harus menjaga dan melestarikan,” kata Sartono Hutomo melalui siaran persnya, kemarin.

Baca Juga:

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar