Bamsoet: Data Penerima Dana Bansos Harus Dimutakhirkan

  • Fakta.News - 10 Ags 2018 | 19:15 WIB
Bamsoet: Data Penerima Dana Bansos Harus Dimutakhirkan
Data penerima dana bansos harus terus dimutakhirkan(Ilustrasi)

Jakarta – Rupanya data penerima dana Bansos (bantuan sosial) Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Beras Sejahtera (rastra), belum terintegrasi antar lembaga. Akibatnya kemudian diketahui, adanya data yang menunjukkan penyaluran Bansos tidak tepat sasaran.

Hal ini dikemukakan Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet), dalam keterangan pers, pada Jumat (10/8/2018). Menurutnya, ia melalui Wakil Ketua Koordinator Kesejahteraan Rakyat (KORKESRA) mendorong Komisi II DPR dan Komisi VIII DPR, meminta Kementerian Sosial (Kemensos) untuk melakukan koordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk melakukan pemutakhiran data.

“Agar terdapat keseragaman data mengenai penerima dana bansos, guna penyaluran bansos tepat sasaran,” ujarnya. Dalam pelaksanaannya, tentunya melibatkan pemerintah-pemerintah daerah (Pemda).

Baca Juga:

Selain itu, pimpinan DPR, juga mendorong Komisi II DPR meminta Kemendagri melalui Pemda (Dinas Sosial), untuk berkoordinasi dengan pemerintahan tingkat kelurahan bersama RT dan RW untuk melakukan pendataan secara berkala terhadap warganya. Tentunya, terhadap warganya yang dikategorikan miskin, dan sesuai dengan kriteria penerima bansos, sehingga setiap program bantuan dapat menggunakan satu sistem basis data yang sama;

Menurut Bamsoet, pihaknya juga mendorong Komisi VIII DPR meminta Kemensos bersama instansi terkait. “Maksudnya, untuk melakukan evaluasi penyaluran bansos, agar penyaluran bansos di tahap selanjutnya dapat lebih tepat sasaran,” katanya.

  • Halaman :
  • 1
  • 2

BACA JUGA:

Tulis Komentar